jump to navigation

Alternatif mengganti minyak rem December 17, 2008

Posted by Buddy Dharmawan in General, Safety.
trackback

Post by : oodiohutama @ kaskus

Klo soal kemampuan untuk mengerem banyak pengguna cenderung memilih jenis rem cakram ketimbang rem teromol. Sudah pasti tidak mudah panas dan ebih efisien. Namun kadang kala kita belum mengerti bagaimana perawatan, terutama saat mengganti minyak rem berkala per 6 bulan sekali.

Sekedar mengisi minyaknya sih gampang, kadang kala yang menjadi penghambat dalam penyetelan ulangnya yang membuat waktu tersita banyak aka memakan waktu. Salah satu kendalanya saat serpis antara lain kampas rem belum menggigit piringan, dikarenakan minyak rem lamban turun ke master, udah gitu ada gelembung udara yang sering disebut angin palsu.

Ada cara alternative selain ngisi minyak rem yang dituang dari tabung master rem trus dipencet-pencet, dikocok-kocok tuas remnya sampe berjam-jam minyak rem tidak kunjung keluar (ga crooot… cape deh!).
Kini saatnya mencoba cara jadul tapi lumayan bravo yaitu system nyipet..eh salah mksdnya suntik minyak rem dari kaliper dan nyetelnyapun jadi lebih gampang. Karena udara aka angina palsu tersebut bakalan terdorong ke atas seiring dengan naiknya minyak rem. 5-10 menit bakalan selesai deh, dengan penuh keyakinan (halah).

Langkah2nya siapkan botol bekas air aki yang masih ada tutup model corongnya (btl dalam keadaan bersih) sediakan pula slang seukuran slang pernapasan aki. Klo udah mari kita rangkai slang tadi dengan corong penuntup aki. Dan pastikan sambungannya rapat dan jangan sampai muncraaaaaat kemana-mana yak… gawat tuh klo blepotan..(hihihihi)

Kemudian kendurkan nipel aka baut pake kunci ring 8mm(umumnya), hati2 sleg. Lalu buka tutup tabung master atas pake obeng or kunci L jika sudah diganti.
Nah sekarang tinggal proses nyipet… eh salah mksdnya proses menyuntik Slang yang tadi itu dimasukin ke nipel dan botolnya sedikit diremas aka ditekan agak kuat agar ngisi minyaknya dan terdorong ke atas. Jangan bengong bro sembari melakukan itu perlu diperhatikan keadaan master remnya apakah sudah sampai batas tertinggi atau belum???
Jika sudah ya dihentikan.
Lantas kencangkan nipel dan pasang kembali tutup masternya. Dua sampai lima kali pencet pasti langsung dapet tuh.

Nb: lebih enak mengerjakannya sambil ngupi or minum the klo perlu sambil dengerin musik kesukaan kita masing2…

Sekian dulu brader.. Smoga bermanfaat, sori klo ga ada foto2 pendukungnya dalam pengerjaannya.

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

Comments»

1. BA 174 FI - March 4, 2009

gi mana cra utk kencangin satria FU…………………..

2. BA 174 FI - March 4, 2009

gi mana cra utk kencangin satria FU…………………..????

3. oodiohutama - March 25, 2009

coba bro masuk ke kaskus.us ada di forum roda dua —serba serbi satria f150…disitu banyak suhu yang bisa membantu memecahkan uneg2 yang ada di kepala bro2 semuanya…

smoga membantu…

bravo 4 all

4. Ocky Tamtelahitu - March 30, 2010

Coba ah, thanks inponya om BD…

5. 3 - June 6, 2010

Wd da

6. Toplez - June 21, 2010

Apa kelebihan &kekurangan satria fu boz?

7. ryo ichiro matsui - March 11, 2011

Bgmn cra prwtn FU thn lama sprt thn E00FVVVVV

8. oodiohutama - March 24, 2011

@toplez: kekurangannya pasti BOROS lah…dibanding bebek… tp klo dibandingkan sekelasnya ya paling bedanya cm 1/2 sendok teh…

9. ipanase - August 6, 2011

fotonya???hehehe

10. Andy Syahputra - July 25, 2012

@TopLes_ gue punya Satria FU dgn penggunaan Karbu Keihin 28 PE…yg gue pengen tanya tanpa perganti Noken As jg CDI yg Orsi apa sah-sah aja.??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: