jump to navigation

ETIKA BERKENDARA December 5, 2008

Posted by Buddy Dharmawan in General, Safety.
trackback

Walau sehari-hari naek motor, kadang-kadang kite apes dan terpaksa naik mobil. Eh.., pas di belakang kemudi banyak biker kadang ngeselin. Mereka nyemplak motor, lagaknya jalanan milik moyangnya. Padahal kalau kegebok, bikerlah yang cedera paling besar. Iyalah.

Nah, biar kita nggak ngeselin dan terhindar dari celaka, nggak salah menyimak tips hasil rangkuman pengalaman.

HINDARI PELAN TAPI DI TENGAH JALAN

Ini sering terjadi. Mereka adem ayem aje jalan pelan di tengah jalan. Pengemudi mobil bakal kesulitan melewatinya. Apalagi kalau mereka lagi tanggung ngebejek gas.

Biker paham etika harusnya ngerti kalau mau pelan, ya minggir. Supaya kagak jadi handicap pengendara mobil.

WAJIB KASIH TANDA SEBELUM BELOK

Di belakang kemudi mobil, sopir sering bertanya. Nih, motor mau belok ape lempeng. Soalnya dia ngambil posisi di tengah jalan dan di depannya ada pertigaan atau gang.

Nggak sabar, dia ngambil keputusan dan langsung nyusul. Eeh.., tiba-tiba bikernya belok dan jeedaaar! Mobil menghantam motor. Atau motor nyamperin mobil.

Ini akibat biker cuek mau belok. Tanpa sein atau kode tangan. Enak aje dia belok, nggak sadar di belakangnya mobil melaju kencang. Ente wajib melihat ke belakang, kasih tanda kalau mau belok. Jadinya, sopir kagak bingung dan bisa mengantisipasi manuver sobat.

JANGAN NYUSUL MOBIL SEENAK UDELE DEWE

Biasanya terjadi saat lalu lintas lambat merayap alias semimacet. Mobil terpaksa pasrah dalam antrean, sedangkan motor leluasa selimpat-selimpet di antara moncong dan pantat mobil.

Sering terjadi, biker memotong antrean dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan jarak tipis banget. Kalau tiba-tiba mobil menambah kecepatan, bisa dipastikan menabrak motor karena jarak sempit tadi. Kalau toh nggak terjadi tabrakan, sopir biasanya kaget dan mengumpat, Sialan!

Idealnya, penyemplak memperhitungkan betul kalau mau menggunting. Perkirakan jarak aman atau saat mobil betul-betul berhenti.

KELUAR GANG JANGAN KAYAK TIKUS GOT

Tikus keluar dari got, tanpa tengok kiri-kanan. Biker jangan begitu dong! Pernah kejadian, seorang rekan lagi nyopir mobil dalam kecepatan tinggi, langsung banting setir. Gara-gara motor keluar gang ke jalan gede seenak udele dewe. Gue kaget. Akibatnya, mobil terguling dan salah satu keluarga gue luka parah, cerita Faisal Mahbub yang kala itu ada acara ke luar kota.

Ini bener-bener dosa biker. Dalam situasi lain mungkin sopir nggak sempat menghindar dan melabrak biker slonong boy tadi. Prediksi betul kondisi lalu lintas sebelum gabung ke jalur besar.

JANGAN KELEWAT DEKET MOBIL DI STOPAN

Persis lampu merah, sampeyan harus waspada. Nggak sadar, kaki penyemplak nangkring di ban depan mobil.

Lampu ijo nyala, mobil jalan dan menggilas kaki penyemplak motor. Serem, orang itu marah-marah sambil ngegedor kaca mobil.

Ayo salah siapa? Kenapa nyimpen kaki dekat sama ban mobil. Waspada dong!

BE GENTLEMAN KALAU NYENGGOL MOBIL

Macet, buru-buru… ente pasti selimpetan. Biasanya, setang motor nggak sengaja melabrak spion mobil. Payah banget kalau biker langsung kabur atau belagak bego. Harusnya gentleman dong… Dekati sopir dan minta maaf.

Kalau dimaki-maki, ya risiko!

KIAT BALIK ARAH

Mau balik arah pada jalan dengan pemisah jalur, ada kiatnya. Sipnya, semua bodi motor masuk ke pemisah jalan tadi dengan posisi nyerong. Dengan begitu pantat dan moncong motor kagak ada yang nongol. Otomatis, kecil kemungkinan dihantam mobil dari belakang atau depan. Dengan posisi seperti itu pengemudi mobil nggak terhalang.

Sumber : YMI

Comments»

1. agogo2008 - December 17, 2008

Nice Info Gan…
Lagi2 Pertamaxxx…

2. Bambang - March 27, 2009

kalo ga punya klakson jangan ngegeber gas, apalagi yang pake knalpot free flow. Selain berisik dapat membuat orang yang lemah jantung kagetan atau bahkan yang parahnya lagi bisa kena serangan jantung.

3. Banyu Rafikri - February 22, 2010

Mari selalu menjaga dan menerapkan etika dalam berkendara…..

4. Kodok Ijo - March 26, 2010

Iya tuh, bener apa yg ditulis di atas. Tapi susah kyknya ngarepin bikers menerapkan apa yg diulas di atas. Pada seenaknya aje bawa motornya, udah jadi budaya di jalan kali ye, he he…
Masalahnya aye juga biker and driver juga. Sehari2 kerja bawa motor dan hari minggu/libur doang bawa mobil ama keluarga. Lagi bawa motor aje sering banget dibuat kesel ama bikers, apalagi bawa mobil, bisa mati berdiri nahan keselnye.
Pernah dulu lagi bonceng bini, pas macet nunggu kereta lewat, motor aye dalam posisi diam, yah namanya macet nungguin kereta lewat ya sabar2 aje, eh tiba2 bini aye teriak kecil dan aye tanyain kenapa, bini aye bilang orang yg bawa motor di belakang nabrakin bannya ke kaki dia. Wah, langsung spontan aye naik darah, aye plototin terus tuh orang tanpa kedip, dan begitu portal pintu kereta dibuka aye jalan pelan2 nungguin itu orang, eh gak taunya dia udah hilang kabur. Jujur aje aye gak demen cari ribut di jalan, tapi itu orang udah keterlaluan, masak kaki orang main diembat aje.
Aye juga sering lihat biker yg sengaja nyenggol2in ban depannya ke bumper belakang mobil kalo lagi macet. Itu sih bukan iseng, tapi nyari ribut namanya. Apalagi ada yg sampe maksa nyempil masuk di antara mobil sampe bumper atau bodi mobil orang dibikin lecet. Saya cuman geleng2 doang kalo pas ngeliat yg kyk gitu, sambil ngurut2 dada. Bener2 keterlaluan…!

5. kuroberi - August 14, 2011

saran yang bagus sekali cuma kadang walo kita uda beretika tetapi masih banyak orang diluar sana yang sakpenake udele dewe kita-pun masih tetep kena imbasnya😦 hiks

6. Yana88 - November 20, 2011

betul neh gan saran yang sangat bagus…..

tapi sayang masih banyak pengendara motor yg masih kurang beretika,

tapi aneh neh, ane sering taat peraturan lalu lintas. begitu nyalip kendaraan aja ane pasti lampu sen dlu tuh,

ato klo ada yg berniat mau nyalip tpi kondisi yg didepan membahayakan pengendara yg nyalip dri blakang ane buat peringatan dri lampu sen yg sekilas-sekilas…. eh……, malah sering ditegor sama tmen ane, “ITU LAMPU SEN NYALA”, padahal itu buat keselamatan sesama pengendara jalan.

Truss ane berusaha untuk disiplin, gk ngelawan arus, eh….. temen ane negor. “AH LU MAH RIBET PAKE MUTER JAUH2 SEGALA. Ngurut dada lagi.🙂

Begitu naek Mobil prasaan ane bawa gak cepet gak lambat, yah…… sesuaikan dengan tempat. bawa di Soekarno Hatta kecepatan 70km jalan kosong eh…….. yang belakang Nuturin jaraknya 1 meter.

sekarang bukan Motor aja yg Seruntulan, Mobil aja yg bawa Udah “LEBIH SERUNTULAN DARI ANGKOT”.

Semoga kita selalu diberikan selalu keselamatan baik dalam berkendara maupun tidak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: