jump to navigation

Tips Memilih Pelumas June 5, 2008

Posted by Buddy Dharmawan in BBM & Pelumas.
trackback

Ada ratusan merek pelumas yang beredar di pasaran. Diantaranya, disinyalir, ada yang mutunya kurang baik. Bagaimana caranya agar tidak salah memilih pelumas ? Departemen energi dan sumber daya mineral ( Dep ESDM ) mengharuskan setiap pelumas yang ada di Indonesia memiliki nomor pelumas terdaftar ( NPT ). Maksudnya untuk melindungi konsumen dari pelumas-pelumas yang kurang baik, dan untuk memperoleh NPT harus melalui pengujian yang dilakukan Dep. ESDM.

Bagi konsumen, apalagi yang awam terhadap masalah pelumas, upaya-upaya ini tentu patut disyukuri. Meski demikian, sebagai langkah pengamanan, tentunya perlu langkah-langkah praktis agar terhindar dari penggunaan pelumas yang kurang baik. Simak tips berikut ini :

1. Cara yang paling mudah pilih saja pelumas yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang dikenal.
2. Biasakan mengenal pelumas yang anda beli. Label pada kemasan dapat “berbicara banyak”. Disitu tercantum spesifikasi pelumas, produsen, dan nomor telepon atau alamat yang dapat dihubungi. Informasi ini dapat menjadi “deteksi dini” terhadap oli-oli yag tidak dapat dipertanggung jawabkan. Jika tidak ada, anda tentu dapat meragukannya. Pelumas yang baik tentu saja juga mencantumkan standar yang dimilikinya, misalnya API Service, ACEA, atau Jaso.
3. Pilih pelumas sesuai kebutuhan. Jangan asal meniru orang atau termakan iklan. Harga yang mahal belum tentu kualitasnya lebih bagus. Sebaliknya, harga murah tapi mutu tidak terjamin berisiko membuat mesin rusak. Mau untung malah buntung. Yang terpenting, apakah spesifikasi pelumas itu sesuai kebutuhan kendaraan anda. Simak buku manual kendaraan untuk mengetahui hal ini.
4. Belilah pelumas di tempat-tempat yang terjamin, seperti di bengkel resmi, SPBU, atau tempat-tempat lain yang meyakinkan. Jangan asal beli sembarangan di pinggir jalan, karena keaslian dan mutunya belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.
5. Ada baiknya, anda melihat saat dilakukan penggantian pelumas. Hal ini untuk berjaga-jaga saja agar tidak terjadi kecurangan. Banyak orang, karena tidak tahu atau tidak mau tahu, menyerahkan saja urusan penggantian pelumas kepada bengkel. Konsumen mungkin sudah memberitahu agar pelumas diganti dengan merek tertentu namun ia tidak tahu apakah si mekanik benar-benar menggunakan merek yang ia sebutkan.

Tidak terlalu rumit bukan? Dengan merepotkan diri sedikit, anda turut menjaga perawatan kendaraan anda.

Bagi Anda Yang Ingin Bepergian Keluar Kota Apabila Anda Membawa Kendaraan, Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Adalah Kondisi Mobil Anda Agar Tidak Bermasalah Diperjalanan.

1. Cek oli Anda sebelum mobil dihidupkan. Apabila kurang Anda harus menambahnya
2. Anda harus mengganti oli Anda 2 hari sebelum Anda berangkat. Apabila ada kebocoran Anda dapat memperbaikinya terlebih dahulu.
3. Cek sistem pendingin yaitu air diradiator.
4. Cek fanbelt atau tali kipas juga fanbelt compesor AC. Apabila sudah retak-retak, sebaiknya diganti.
5. Ganti Timing Belt apabila sudah 40.000 km.
6. Cek kondisi ban serta tekanan angin sesuai petunjuk dari manual book.
7. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan seperti: dongkrak, kunci-kunci, obeng, dll

Sumber : id.88db.com

Comments»

1. ndok - June 5, 2008

Celingak….🙂 Celinguk…..😦

2. Memilih Oli terbaik untuk Satria FU 150 « c1p1 - October 29, 2008

[…] | fu150 |fu150| Possibly related posts: (automatically generated)CAra Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU […]

3. Admin - October 30, 2008

thanks.. meluncur bro..

4. Memilih Oli terbaik untuk Satria FU 150 (MOTUL Oli Terbaik Untuk Satria 150 cc) « Teletoples Blog - September 17, 2011

[…] | fu150 |fu150| -6.211544 106.845172 Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: