jump to navigation

Spark Gasoline Supplement May 2, 2008

Posted by Buddy Dharmawan in BBM & Pelumas.
trackback

Sumber : spark-indonesia

Berkembangnya teknologi otomotif dewasa ini menjadikan teknologi kendaraan juga semakin berkembang, termasuk pada sistem pembakaran dimana sistem ini memilki tingkat kompresi rasio yang tinggi sehingga memerlukan jenis bahan bakar yang sesuai agar pembakaran tersebut berjalan dengan sempurna.
Pemilihan jenis bahan bakar yang tidak sesuai, akan mengakibatkan proses pembakaran yang tidak sempurna. Hal tersebut secara tidak langsung akan menghasilkan efek negatif berantai pada mesin, mulai dari timbulnya kerak pada ruang bakar, tenaga mesin yang tidak maksimal, meningkatnya emisi gas buang, borosnya konsumsi BBM, yang pada akhirnya akan berakibat pada naiknya biaya perawatan mesin.

Dengan kondisi perekonomian Indonesia pada saat ini, pemakai BBM khususnya di Indonesia berusaha menekan konsumsi BBM mereka secara ekonomis dengan cara menggunakan jenis BBM dengan kualitas lebih rendah.
Spark Gasoline Supplement, memungkinkan para konsumen BBM dengan tipe diatas untuk dapat menghindari biaya perawatan mesin yang tidak seharusnya di keluarkan, karena Spark Gasoline Supplement menawarkan solusi dalam hal perawatan mesin, pengiritan bahan bakar serta optimalisasi kerja mesin kendaraan.

Produk ini telah digunakan dan di uji sejak tahun 2005, pada berbagai macam jenis mesin kendaraan. Sampai saat ini belum ada keluhan pegguna akan produk tersebut. Spark Gasoline Supplement tidak mengandung zat-zat metal, serta aman untuk segala jenis mesin Catalytic Converter.

Komposisi Spark Gasoline Supplement

Apa komposisi Spark Gasoline Supplement?

Spark tebuat dari campuran beberapa jenis alcohol dan petroleum distillated yang mempunyai angka oktan 100&118 yang mana bahan-bahan tersebut aman untuk seal-seal dan metal.

Spark tidak mengandung Toluene, Xylene(aromatic Hidrokarbon), fraksi berat hidrokarbon dan pelumas/lube oil yang mana senyawa-senyawa tersebut dapat merusak seal-seal dan dapat menimbulkan residu dalam ruang bakar.

Untuk meningkatkan angka oktan, Spark tidak mengandung Lead (P6) dan MTBE sebagai peningkat oktan, sehingga secara langsung membantu program bersih lingkungan.

Suplemen Bensin

Misteri air di bensin Shell, menurut Fathia Syarif, Public relation Shell Indonesia, jika bukan dari SPBU, kemungkinan utama lain hanya dari jalur distribusi. Bensin Shell diantar dari tempat penampungan Merak, Banten dan dibawa ke SPBU dengan menggunakan truck tangki sesuai standar Shell (majalah otomotif No. 33, 19 Desember 2005).

Kualitas bahan bakar kita memang banyak menuai cercaan, mulai mengandung air dan ancaman BBM oplosan (majalah Kontan No. 9 X, 7 Desember 2006). Oleh karena itu, untuk meningkatkan performa kendaraan anda diperlukan suatu suplemen bensin, dan salah satu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang aman serta dapat digunakan terus menerus tanpa efek samping adalah Spark Gasoline Supplement, karena Spark Gasoline Supplement berfungsi antara lain untuk mengurangi kadar air, gum (resin/kotoran hitam) didalam system saluran bahan bakar kendaraan, sekaligus dapat membersihkan karburator/injector dan mengurangi residu senyawa organik di dalam ruang bakar.

Keunggulan

SPARK GASOLINE SUPPLEMENT mampu meningkatkan performa mesin mulai dari durabilitas, akselerasi sampai power mesin.

1. Membersihkan karburator/injektor pada saluran bahan bakar.

Endapan yang terjadi pada karburator umumnya terjadi karena adanya kontaminasi pada bahan bakar. Kontaminasi ini bisa terjadi misal karena tercampur dengan minyak tanah, tercampur dengan logam maupun senyawa lain yang disebabkan oleh proses kimia tertentu di saluran bahan bakar.

Entah karena disengaja atau tidak, proses kimia ini dapat menghasilkan residu dan mengendap saat berada di saluran bahan bakar. Ketika kendaraan sedang tidak digunakan, maka tidak terjadi aliran bahan bakar ke ruang bakar. Dalam karburator/injector, kondisi diam ini memberi kesempatan residu dan deposit untuk mengendap.
Bahkan dalam jangka waktu yang lama dapat melekat pada dinding-dinding karburator dan saluran bahan bakar, sehingga walau bahan bakar sudah mengalir, deposit ini tidak terbawa ke ruang bakar.

Senyawa semi polar SPARK bekerja dengan cara melarutkan endapan yang terdapat pada karburator dan injector hingga dapat terbawa ke ruang bakar. biasa terdapat dalam sistem saluran bahan bakar dan tangki bahan bakar.

2. Mengurangi karbon/endapan senyawa organik pada ruang bakar.

Karbon/endapan senyawa organik terjadi ketika bahan bakar tidak terbakar sempurna. Semakin sering terjadi pembakaran yang tidak sempurna, karbon ini akan melekat dan semakin tebal. Kita mengetahuinya dengan bentuk kerak yang melekat pada ruang bakar.

Jika kerak ini sudah begitu tebal dan keras, bukan tidak mungkin akan bergesekan dengan piston atau ring piston. Secara tidak langsung akan berpengaruh pada rasio kompresi, karena volume ruang bakar berubah atau kompresi yang bocor.

SPARK akan bekerja bersamaan ketika bahan bakar membasahi ruang bakar. Melarutkan endapan dan membuatnya terbakar secara sempurna. Pada pemakaian awal, umumnya emisi gas buang akan meningkat, karena karbon dan senyawa organic yang terbakar sempurna disalurkan bersama gas buang.
Pemakaian SPARK secara rutin dapat mengikis lapisan kerak sedikit demi sedikit. Jika kondisi di saluran bahan bakar dan ruang bakar sudah bersih, maka akan didapatkan emisi gas buang yang sempurna.

3. Menambah tenaga mesin.

Secara umum, tenaga mesin dihasilkan dari pencampuran udara dan bahan bakar, lalu di ledakkan dalam ruang bakar. Namun hal ini akan tidak maksimal jika bahan bakar mengalami penurunan kualitas. Kualitas udara juga berpengaruh, tapi kita asumsikan semua spare part dalam kondisi normal, jadi udara bersih bisa didapat-kan setelah melalui saringan udara.

Seperti telah dijelaskan, penurunan kualitas bahan bakar terjadi karena adanya kadar air yang berlebih dan atau terkontamisinya bahan bakar dengan senyawa lain.

SPARK Gasoline Supplement mebersihkan bahan bakar dari kontaminasi semacam itu. Terlebih dengan kombinasi angka oktan 100-118 akan memberikan tambahan oktan pada bahan bakar awal. Selain itu SPARK Gasoline suplemen mengandung oxygenated product yang akan memberikan optimalisai pembakaran dengan adanya oksigen.

Pada dasarnya, oxygenated product ini sudah ada dalam kandungan bahan bakar itu sendiri, namun jumlahnya sangat terbatas, SPARK Gasoline menambahkan produk ini sehingga dapat mengoptimalkan pembakaran.

4. Mencegah korosi.

Dalam bahan bakar sendiri memang mengandung kadar air, akan tetapi dalam batas tertentu. Dengan kondisi wilayah tropis yang lembab, kadar ini dapat meningkat hingga melebihi batas. Air ini menyebabkan meningkatnya kemungkinan reaksi dengan udara dan logam tangki penyimpanan. Selain itu menyediakan media bagi bakteri aerob dan anaerob untuk berkembang biak dalam tangki dan saluran bahan bakar. Bakteri ini dapat menguraikan sulphur yang terkandung dalam bahan bakar, secara tidak langsung ion sulphur akan mengikat logam tangki sehingga tercipta korosi.

Setiap bahan bakar minyak mengandung sulphur dalam jumlah sedikit, namun keberadaan sulphur ini tidak diharapkan, dikarenakan sulphur ini bersifat merusak. Dalam proses pembakaran sulphur akan teroksidasi dengan oksigen menghasilkan senyawa SO2 dan SO3 yang jika bertemu dengan air akan mengakibatkan korosi. Padahal dalam pembakaran yang sempurna pasti akan dihasilkan air. Jika dua senyawa tersebut bertemu maka akan menimbulkan korosi baik di ruang bakar maupun di saluran gas buang.
Jika didiamkan korosi ini akan merusak tangki bahan bakar, tangki menjadi berlubang. Korosi ini pun bahkan bisa ter bawa ke ruang bakar dan meninggalkan residu / kerak karbon jika tidak terbakar sempurna. Selain menghasilkan korosi kadar air ini dapat meninggalkan gum/ (senyawa berbentuk seperti lumut kecoklatan) yang menempel pada dinding tangki.
Dengan pemakaian SPARK secara rutin dapat Mencegah berkembangnya bakteri penyebab korosi dan melarutkan ion-ion terlarut seperti : Ca, Mg, Chloride, SO4, CO3.

5. Menghemat BBM, memperpanjang masa tune-up dan mengurangi emisi gas buang.

Tabel Komparasi Pertamax

LITER LITER HARGA HARGA HARGA BIAYA
BENSIN
SPARK
PREMIUM
PERTAMAX
PREMIUM+ SPARK
PENGHEMATAN
1
0.002
Rp 4,500
Rp 7,500
Rp 5,200
Rp 2,300
5
0.010
Rp 22,500
Rp 37,500
Rp 26,000
Rp 11,500
10
0.020
Rp 45,000
Rp 75,000
Rp 52,000
Rp 23,000
20
0.040
Rp 90,000
Rp 150,000
Rp 104,000
Rp 46,000
30
0.060
Rp 135,000
Rp 225,000
Rp 156,000
Rp 69,000
50
0.100
Rp 225,000
Rp 375,000
Rp 260,000
Rp 115,000
100
0.200
Rp 450,000
Rp 750,000
Rp 520,000
Rp 230,000
200
0.400
Rp 900,000
Rp 1,500,000
Rp 1,040,000
Rp 460,000

6. Aman bagi semua jenis kendaraan ber-Catalytic Converter.

SPARK dibuat dengan formula yang mana bahan dasarnya tidak merusak seal karet baik yang alami maupun yang sintetik. Tidak menggunakan bahan unorganik sehingga tidak meninggalkan deposit. Karena tidak ada deposit maka aman bagi kendaraan dengan teknologi Catalytic Converter.

Hasil Analisis Spark Gasoline Supplement

Hasil Dyno test pada Honda supra fit memberikan data; Max Wheel Power 7.1 HP (sebelum) dan setelah SPARK GASOLINE SUPPLEMENT =7.4 HP, artinya hanya dengan penambahan suatu additive bisa naik sebesar 0.3 HP merupakan suatu hal yang luar biasa. Pada grafik terlihat Air Fuel Ratio (perbandingan antara udara dan bahan bakar yang dikeluarkan ke mesin).

Hal tersebut diatas bisa diartikan bahwa setelah ditambah SPARK GASOLINE SUPPLEMENT, udara yang dikeluarkan lebih besar dari pada BBM khususnya diatas RPM 3000 atau dengan kata lain BBM jadi lebih irit. Begitu meratanya kenaikan HP dengan penambahan SPARK GASOLINE SUPPLEMENT mulai dari RPM rendah hingga tinggi akan membuat akselerasi dalam kecepatan sangat terasa.

Hasil Exhaust Gas Analysis pada mobil Hyundai; CO turun 0,56% menjadi 0,32% volume, CO2 turun 14,6% menjadi 14,3% volume dan HC turun dari 0.218 ppm. menjadi 0,138 ppm volume, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah penambahan SPARK GASOLINE SUPPLEMENT emisi gas buang lebih bersih.

Comments»

1. bdharmawan - May 2, 2008

ada yang udah pernah coba blom ya

2. nurtaranto - June 5, 2008

baru mo nyoba ni, mudah2an hasilnya memang sesuai tes d atas hehe..

3. admin - June 5, 2008
4. Masagus - July 1, 2008

Oh ya, kalo 1liter premium kan d tmbahin 2 mililiter spark.
ANGKA RON pada premium 88,jadi meningkat ke berapa? Klo mau setara pertamax+ dengan ron 95 ,ditambahkan berap mili?
D bandung dimana y yg jual? Td gw cari d yonk jaya,g ada uy.
Terimakasih.

5. admin - July 2, 2008

yang gw tau berdasarkan informasi dari pihak marketing Spark Indonesia bisa meningkatkan 6 digit
CMIIW
mungkin nanti dari Spark Indonesia bisa memberikan argumen lebih lanjut
penggunaannya adalah 100 ml Spark untuk 50 liter premium
untuk area Jawa Barat mungkin anda bisa sms ke Bp. Dany
no HP bisa dilihat di review Spark pada blog ini juga

6. Masagus - July 4, 2008

Oh ya maz, 6 digit tuh 88+6? Atau 88+0.6? Maap y mas saya pgn tw bgt tentang spark ini. Sya pemakai permax+ sudah mulai merasa berat di ongkos ni mah.Hahahaha.

7. admin - July 4, 2008

Katanya sih naik 6 RON,jadi meningkat 88 + 6
Yang gw rasain sih hampir gak ada perbedaan antara menggunakan pertamax dengan premium + Spark.
Pengaruh (dari suara) mesin cenderung sama, menunjukkan pengaruh dibandingkan dengan menggunakan premium murni

8. masagus - July 4, 2008

ok mas..

saya dah menghubungi spark,

tapi barang nya ada hari senin nih…

jadi kagak bisa cepet2 nyobain padahal sabtu besok mau ke garut sekalian testing spark sih rencana nya…

wow kalow naek 6 RON dasyat juga ya… cuma beda 1 RON sama pertamax +….

jadi tambah ngiler aja nih pngin cpet nyobain…

hehehe…

9. admin - July 7, 2008

mudah2an apa yang disampaikan oleh Spark Indonesia sesuai dengan kenyataannya, karena waktu gw coba sampe sekarang, rasanya hampir mendekati sama dengan menggunakan Pertamax+.
Sayangnya gw tidak dapat melakukan uji secara lab karena tidak mempunyai alat /sarana pendukung

10. Hindry - July 11, 2008

Alamat spark bandung
bpk herman PT. Summit Lautan Emas dekat LPKIA sebelah rumah makan sunda, sukarno hatta 483 hanya pada hari kerja senin-jumat 08.00-16.00
biasanya ada mobil hyundai didepannya
Keterangan diatas didapat dari hasil menelpon pak herman agen satu-satunya di bdg, saya tanya toko yg menjual katanya belum ada. Distribusi spark masih kurang neh padahal di websitenya spark sudah ada sejak 2005, apa spark kurang laku di pasaran ya?
Yang dibandung apa ada yg pernah nyoba?
Gmn komentarnya?

11. masagus - July 13, 2008

nyoba nya dr berapa taun kang??

o ya pas service kagak ada lagi y kotoran premium nya??

12. admin - July 14, 2008

untuk spark, gw udah coba sekitar 3 bulan, dan hasilnya menurut yang udah gw jelasin.. setara seperti penggunaan pertamax
bisa saja spark blom banyak dijual ditoko karena untuk memasarkan 1 produk itu tidak mudah bro…
seiring waktu, bila memang produk tersebut bagus, maka akan menjamur pula penggunaannya
terlebih sekarang harga BBM sudah melonjak, jadi penggunaan octan booster merupakan salah satu solusi buat pengguna BBM jenis pertamax / + yang ingin berhemat dengan tanpa mengurangi kualitas

13. huey - May 5, 2009

boleh jg tuch…

14. rendi - October 12, 2009

toko yang menjual Spark Gasoline Supplement di bandung di mana ya?
teruz harganya berapa?

klo bisa kirim lewat rekarere@yahoo.com

15. dani - October 19, 2009

di bandung blom ada toko yg menjual, klo mo pesen boleh nti dikirim

dani,
sms/call :081584110747

16. DANI - July 16, 2010

SPARK MASIH ADA !!
Bagi yg masih mau mencoba SPARK untuk premium maupun untuk solar
hub :
sms/call
081584110747
081380223806
02519541628 (esia)

17. agoengg - November 22, 2011

Cari di jogja dimana y yang jual…haduchh bngung nyarinya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: