jump to navigation

Kabel Gas & Kopling Yang Beresiko June 15, 2009

Posted by fu150 in Kerusakan, Safety.
trackback

Bila kita perhatikan pada kabel gas dan kabel kopling yang ada dibawah setang motor FU, ada sebuah pengait / bracket kecil untuk mengaitkan kedua kabel tersebut agar selalu dalam posisi menempel pada body / rangka motor.

4

Mungkin bagi sebagian orang, bracket tersebut hanya sebatas pelengkap pada motor, tetapi sebetulnya pengaruhnya cukup besar juga.

Kabel yang tidak menempel pada bracket tersebut otomatis akan mengurangi kerapian dalam motor kita. Selain itu, kabel yang bergerak bebas tersebut ada kemungkinan akan mengalami lecet karena bergesekan / terjepit antara body dan bagian shock breaker.

3

Perlu diketahui bahwa lapisan luar dari kabel yang berbahan karet menyelubungi lapisan kedua yang berbentuk ulir dengan bahan besi. Kedua bahan inilah yang melindungi kabel serat kopling dan gas pada motor.

Bila lapisan terluar terkelupas akibat gesekan tadi, secara otomatis lapisan kedua akan menjadi terbuka. Resiko pertama, lapisan kedua akan lebih mudah untuk mengalami bengkok sehingga kabel serat didalamnya akan menjadi susah untuk melakukan gerakan naik turun karena terjepit pada bentuk pelindung kabel yang berubah.

1

Dampak yang paling parah, ulir pada lapisan kedua akan menjadi semakin tertarik akibat pergerakan rutin  dari kabel serat pada saat kita mengoperasikan motor. Dalam kondisi ini, ada kemungkinan saat kita menarik kabel gas, kabel serat tidak akan kembali ketika kita mengendorkan kabel gas kembali. Ini akan sangat berbahaya bagi pengendara dan sangat besar kemungkinan akan mengalami kecelakaan.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah :

  • Senantiasa periksa kabel sebelum mengendarai motor, pastikan agar kedua kabel selalu tersangkut di dalam bracket.
  • Segera ganti kabel gas / kopling yang terkelupas untuk menghindari resiko yang lebih besar.
  • Senantiasa membawa kabel cadangan bila mengalami kerusakan di tengah jalan.

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

Comments»

1. darahbiroe - February 17, 2010

ijin mengamankan pertamaxxxxxxxxxx

thanks tipsna sangat bermanfaat

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

2. imamdwiseptiadi - March 9, 2010

iya saya punya masalah juga nie sama kabel gas satria f saya,
kalo stang di belokkin ke kiri gasnya jadi kendor smpe 500rpm,
nah, klo di belokkkin ke kanan gas kebetot sendiri smpe 2000rpm.. soalnya kabel gasnya ketarik2

3. imamdwiseptiadi - March 9, 2010

skalian podium ke 3 deh,

saya baru ngalamin kabel kopling FU putus…
untung bukan ditengah jalan, soalnya kemaren2 saat saya pergi ke bengkel ngeluhin masalah netralin satria pas lagi berhenti kerasnya minta ampun(kaya diinjek.ditendang dulu) terus kata montirnya setelan koplingnya kurang….yaudah disettingin sma abangnya….

3 hari berikutnya kabel kopling nih motor putus(apa kabel koplingnya kekencengan ya?)

4. Admin - March 10, 2010

bro imam : kabelnya masih yang original atau udah ganti?
klo yang original, coba juga dibersihkan pakai WD-40 tuh dalem kabel gasnya, siapa tau agak berkarat, tetapi kalau udah ganti dan beli non original, bisa jadi emang ukurannya tidak sesuai
kalau masalah netralin satria agak keras, itu emang penyakitnya satria
coba deh pake oli yang agak bagus, trus sekalian setel ulang koplingnya bro
sudah berapa lama pemakaian kabelnya? karena beberapa rekan rekan pengguna FU ada yang bisa ganti setaon 2x, apalagi kalo beli yang abal abal, bisa bisa 3 bulan putus
putusnya bisa juga disebabkan karena didalam kabelnya kering / berkarat sehingga menimbulkan gesekan yang membuat kabel dalamnya aus dan putus bro
sebaiknya, selalu stok 1 kabel di bawah jok.. karena gak lucu klo bro perjalanan malam dan ngalamin putus kabel..
FYI, harga kabel original untuk kopling dan gas adalah kisaran Rp. 50.000,- sampai Rp. 60.000,-

5. satria_bergitar - March 26, 2010

hellow bro numpang ikutan ahhhh …. satria gue oli gratisnya udah abis ni bro … biar supaya netralinnya ga susah bagusnya pake oli apa ya bro ??? maklum masih gratis oli pake SGO … thanks

6. admin - March 26, 2010

coba aja pake Motul 5100 ester, kisaran di harga 80-90 ribu, atau pakai fuchs silklone plus di kisaran harga 160 ribuan

7. khancuet - April 17, 2010

bro g’mna yua w ga tw cra btulin’na soalnya motor’na ja blm punya,,,,
ha,,ha,,ha,,
becanda broooo…….

8. sesio - May 18, 2010

@satria_bergitar

sebenernya gk bisa dipatokin FU itu bagusnya pake oli apa
tergantung sama rider-nya masing2
mau pake oli mahal seperti Motul atau Fuchs silahkan.. tuh oli emang oke buat motor
tapi jangan lupa buat perawatan motornya sendiri. susah dinetralin bukan hanya disebabkan oleh oli, bisa juga disebabkan oleh rantai yg kendor, setelan kopling yang kurang optimal dll..

9. aang - May 26, 2010

OM… knp y kabel gas seret bgt,,, trz kdng2 gasny ga mau balik lagi klo di gas full??

trz knp y klo ujan satria ane mati trz??

10. santo Ngejosc - June 13, 2010

bang we pake karbu king..trus lo ujan sering nyangkut,kira2 maslahnya di per karbu taw kabel gasnya y??trus solusinya gmn??

11. diedie - July 23, 2010

gw pake motul 5100 …bwt tarikan ok juga tuhh..

12. Brian - October 11, 2010

Knpa stria fu klo ujan mogok mulu ya..?

13. Aditiawarman - November 10, 2010

Gue pake Satri FU150 thn 07.
Bro2 smuax,bantu gue y…
Knapa y da suara sperti gigi tarik depan da dol lw pedal gas bareng lepas kopling gue bikin spontan lakuinx ?

14. rudi - November 23, 2010

bro knapa y klo gas fu gw nariknya kras banget ..

15. rudi - November 23, 2010

fu gw pleknya mu gw gnti pke tromol pnya ninja pelknya yg bagus pke merk ap ya …..tks

16. user_asoy - November 27, 2010

ujan mogok moeloe,.. setuju tuuh…

17. AinkUjangAli - December 13, 2010

bos seharusnya kabel kopling dan gas tuh nempel keras di topang bracket ato di biarkan hanya mengait saja. sip thnks bos

18. administrator - December 13, 2010

justru itu, kan dah ada bracketnya.. itu yang harus sering dikontrol..

19. edo_mtv_gokil_abis - December 13, 2010

gue mau beli SF neh, tpi gue jdi bimbang abes liat comment loe pada, klo w pinjem SF tmen w, tu SF waktu kopling nya w tarik mesin ne kya ad bunyi gesekan keras, tpi waktu gue stop abis tu jlan lagi ntu bunyi udh ilang & w minta tlong nich, lbih baik SF ato NEW JUPITER MX ? tlong saran nya

20. hendra sasa - December 23, 2010

gw br aj beli FU, klo d bandingin ama MX mah jauh, lebih maknyuzttt pk FU, tarikannya bkin gw ampun2an….trus FU yg baru ga susah ke netralinnya….gw alami sndiri :D

21. arya - February 21, 2011

boss mhn masukannya…

klo kopling erorr kira” apanya ya…
padahal kanpas koppling masi bguss..
saya jadi bingung…

22. satriya - March 9, 2011

kenapa kalo qta gnti kabel kopling satria f dengan kabel kopling biasa kadang agak berat pas narik kopling,jadi lama” tangan terasa pegel krna keseringn narik kabel kopling yang berat…………

23. oodiohutama - March 24, 2011

@satriya: itulah bedanya yg ori dgn yang biasa… tapi umumnya klo ukuran kabelnya sama dan jarak renggang kabel selongsong dengan kabelnya sesuai std pabrik pasti enteng…

24. irvan evendi - March 28, 2011

knalpot yg bgus wat sfu ap yah…….???

25. cew_jez_fu - March 30, 2011

Hee,,,, untung qu bca nieh,, fu q juga lg da msalah kaya gini, niii,,,

26. kamera pengintai - April 10, 2011

terima kasih atas infonya

27. ayung - April 16, 2011

Hello admin…
Salam FU mania..
Gw ada problem di fu nih, tarikan gas suka ngempos (ngilang2) coz filter karbu udah di lepas ganti pake filter variasi.. Dl motor pernah pake karbu pe 28 n knalpot DBS.. Tp sekarang dah dilepas, coz utk mematuhi peraturan.. Tp ko setelah di standarin lg malah sering hempos pas tarik gas mendadak.. Knpa pa ya???

28. dede - July 20, 2011

kenapa sfu ane stlh d service koq skrng malah setiap pagi mw d nyalain jd susah n kdng2 klo pas dah jln trus ane gas suka mati??? Apa karena memang harus d panasin dl gt???
D tunggu saran ny yach???
Thank’s

29. ipanase - August 6, 2011

hati2 kalo gasnya ngancingg

30. kuroberi - August 14, 2011

@dede: setelan gas dari setelah servis biasanya emang rendah, saya juga ngalamin hal itu, coba tinggikan dikit setelan gas nya, caranya hidupin lampu depan trus buat supaya nyala lampu antara di gas dan gak digas sama, cmiiw

31. Ryan - October 15, 2011

Sekedar share saja, menurut saya kabel kopling satria mudah sekali putus apabila kabel berada pada bracketnya, hal ini karena terlalu sempit tempat bracket buat kabel kopling tersebut, lah.. saran saya sih malah bertolak belakang dr artikel ini, hhe
jgan meletakkan kabel pada bracketnya, taruh luar saja, agar pergerakan kabel bisa bebas, namun jgan lupa juga utk sering2 mengeceknya, ;)

32. ricky - November 21, 2011

bro mau nanya nie satria gue mau ak gnti pake vekg jari DBS…biar kelihtan lbih macho pake ban apa n ukuran brapa bro?
thanks..

33. AB6 133ST - January 19, 2012

pertamaxXX…

34. zee - April 10, 2012

gw udah 2 x kunci kontak motor satria gw mau dibobol maling..yg per-1 didepan warnet..yg ke-2 idepan kantor kerja gw…alhamdulliah itu motor masih rejeki gw..mudah2an jgn sampe kejadian yg ke-3 kalinya…buat yg udah kehilangan motornya..gw berdoa smoga cepet balik ke lo lg…..salam kenal _zee_

35. zoe - June 10, 2012

Gan konsul gan, masalah di karburator, kalau turun gas dia nembak nembak.,,,

36. BAYOE - November 1, 2012

mesin satria fu itu blok mesin piston ke atas otomatis busi pun ada diatas, jika terjadi hujan busipun akan tergenang air,, y terjadilah mogok….maka dari itu JANGAN BELI MOTOR SATRIA FU KARENA CEWE…. BELI MOTOR ITU UNTUK KEPERLUAN YANG BAIK.

37. Komenk - November 12, 2013

Klo lg dpanasin blm panas digas,itu ada suara kaya kaleng.tlong info y ya boss2,,,


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

