jump to navigation

Tips n Trik Reamer karbu December 23, 2008

Posted by fu150 in General.
trackback

Post by : oodiohutama @ kaskus
Banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu peralatan yang harus dipersiapkan sebelum kita melangkah yaitu; minimal pakai bor tune (yang pake kompresor aka angin lebih enak megangnya dan berekspresi) , kikir bulat, amplas alus or mata bor amplas atau pake yang mata rubber lebih seep lagi. Yang penting setelah berekspresi dihaluskan dangan bantuan alat-alat yang tadi.

Pasti udah ga asing lagi mendengar kata Reamer karburator aka kaburasi, yaitu salah satu cara untuk mengoptimalkan debit bahan bakar dan mengoptimalkan performance tunggangan kita. Reamer venturi tak melulu buat balap, bagi kita2 yang pecandu akselerasi harian juga bisa. Jika dirasa memperbesar spuyer saja tidak bs mempuni maka bisa dilanjut dengan mereamer karbu. Point inti dari mereamer adalah memperbesar debit angin.

Adapun Reamer utk harian paling besar rangenya antara 1mm-2mm, namun idealnya 1mm sdh cukup. Teorinya, adonan bahan bakar dengan udara yang sempurna butuh perbandingan 1:15 artinya satu molekul bahan bakar berbanding 15 molekul udara pada atmosfer.

Langsung aja yuuuk kita mencoba mengoptimalkan karbu kita. Mari kita lihat bentuk lubang venturi, oval atau bulat? Biasanya klo oval itu dianut sm Keihin tapi ga semuanya sih…
Untuk yang pertama kita kikis bagian atasnya aja dari diameter tengahnya (liat gambar1).

reamer11

Eeeiitt jangan salah kikis yee, jangan sekali2 mengikis diameter bawahnya nanti bisa bocor.

Selanjutnya Reamer dimulai dari awal lubang venturi lalu tarik melebar ke mulut karbu. Reamer model kek gini pasti aman yang artinya angina tetap dihambat skep dan bisa stasioner pula.
Atau ada cara kerok lain lagi. Yang disentuh lubang venturinya sedikit saja namun congor bagian depan dikikis abis berbentuk corong aka terompet (liat gambar2).

reamer2

Lanjuuuuut mas… Jangan lupa kepala piston skep dipotong. Loh pake apa? Ups.. sori bro lupa nambahin alat bantunya;yaitu gerinda, yang enak pake gerinda duduk. Nah piston tadi digrinda aja…klo berapa besarnya yang harus digrinda mesti pake sigmat tuh atau coba dikira2 aja usahakan saat skep ditarik mentok, sejajar dinding reamer-nya jangan menghalangi aliran udara. (liat gambar 3).

reamer3

Memang kurang optimal jika cuma reamer karbu doang tanpa didukung dengan saluran pembuangan yang besar pula. Ibarat kata, banyak makan kudu berak. Klo ga motor ogah lari aka ogah ngibriiiit plus boros. Seeep!

Met Mencoba Brother…ada sedikit kutipan :
“Orang yang jatuh dan bangkit lagi itu adalah BIASA, namun orang yang setiap kali jatuh namun terus bangkit dan terus mencoba adalah hal yang LUAR BIASA” .(hal positif)
So, jangan takut untuk mencoba…smua butuh keberanian utk berekperimen + berekspresi dalam mencapai titik keberhasilan.

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

About these ads

Comments»

1. ianks - January 3, 2009

buat satria enaknya make oli apaan ya?, gw baru ngambil motor n baru ganti olinya pertama kali, kemarin gua make MOTUL, tapi kenapa mesinnya cepat benget panasnya. kira-kira MOTUL bagus ga di pake buat oli mesinnya. please ngasi masukannya.

2. Dodots - January 4, 2009

Bro motor gw supra fit std gue pke karbu king. Tp waktu putaran atas kok ga ada tenaganya y. Kosong. Apa itu trllu irit.truz gw besarim mj malah mbrebet. Gmn ne solusinya

3. oodiohutama - January 14, 2009

@ ianks : bro semua oli pasti cepat panas jika mesin dalam kondisi hidup, sekarang tinggal dilihat spek dari oli tersebut apakah masih dalam batas toleransi atau tidak. cek kondisi apakah bro dalam kondisi tsb terjadi slip kopling atau tidak? dan apakah mtr jadi drop(overheat)?? jika iya berarti oli tsb tidak cocok diaplikasikan dimotor ianks.
banyak sesepuh disini yang me-recomended oli Motul 5100 dan Shell vsx
@ dodots: bro penggantian karbu king di supra harus diikuti dengan upgrade mesin dan pengapian, klo cm std trus ganti karbu king settingan optimalnya susah didapat, alhasil boros aja aka brebet..brebetttt.
memang spek mtrmu skrg kek apa??cb dijabarkan..

4. Dodots - January 16, 2009

bro mtor gw yg std cuma piston n pengapiannya aja. klo masalah kompresi, udh d naekin.gw juga dh pake kopling manual. biar tarikanny. mak nyoss. maren gw coba pake cdi brt. malah ga lari. mungkn pulserny kurang panjang. trz kira2 yg co2k gw pake cdi ap bro?

5. gy - January 27, 2009

bos.
klo pengn tau lebih jelas’a bsa hub bengkl pa?

6. oodiohutama - February 9, 2009

@Dodots : cdi biarin aja dulu pake brt, coba setting ulang di karbunya pelampung. btw noken as nya udah diganti or dipoles blm??

@gy : klo sese[uh disini merecomended

SIAM MOTOSHOP
autostyle, accessories and racing parts
Jl. Palmerah Utara No. 45A Jakarta Pusat 10270
Telp. : 021 – 536 522 24 / 982 802 48
Fax. : 021 – 536 522 24
email : siam.motoshop@gmail.com
Web : http://www.siam-motoshop.com

atau
d2m racing
Jl. Kapin No 1. Kalimalang
Pondok Kelapa. Jakarta Timur. 13450.

Mobile : 08561093007
E-mail : didi@d2m-racing.com
Web : http://www.d2m-racing.com

7. Dodots - February 12, 2009

Noken sih da di modif bro. Btw gir depan n blkang yg cocok buat supra ukuran brp bro? Susah ngesetna.

8. Dodots - February 15, 2009

Mau nambahin pertanya!na ne, bro kalo gue ganti seher dgn ukuran yg lebih besar bisa cepet ambrol ya bro. Trz yg cocok unt supra gue pake seher apa?

9. nugrah - March 8, 2009

cdi yang cocok bwt FU paan c???????

10. nando - March 19, 2009

cara agar strian makin kencang larinya dng modal dikit…

11. oodiohutama - March 25, 2009

@ bro Dodots: udah coba pake gir 13-33 or 13-32. Klo pake seher besar, harus tau perawatannya, minimal oli mesin pake yang bagus jangan yang terlalu kental bro…
Pilihan seher beraneka ragam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya saja…sebaiknya klo buat harian jangan yang terlampau ekstrim..terecuali hy buat balap aka cari duit…hihihihih

@ nugrah + nando : coba bro masuk ke kaskus.us ada di forum roda dua —serba serbi satria f150…disitu banyak suhu yang bisa membantu memecahkan uneg2 yang ada di kepala bro2 semuanya…

smoga membantu…

bravo 4 all

12. Anak_Awam - June 13, 2009

Dear bro all… Insinyur2 otomotif… Aq mo tanya… Yg namanya spuyer tu apa sich? N yg namanya porting polish… Maaaf.., baru masuk dunia otomotiV nih..! Tolong bantu yach..?!

13. Ican bonex - October 1, 2009

Gi mana cara boreup jupiter mx

14. Ican bonex - October 1, 2009

Bro mau tau nga’a supaya satria fu 150 mu jadi kenceng larinya,caranya sprti ini:
1.papas scam
2.busi rasing
3.spuyer dibolongi
4.karbu PETAK
5.cdi VORTEX
6.gas spontan
7.per kopling rasing
8.koil
itu tips supaya fu jadi kenceng,bila anda ingin tahu lebih banyak hubungi/sms saya: 081367121344 terima kasih.

15. Randy bonex - October 1, 2009

Bro mau tau nga’a supaya satria fu 150 mu jadi kenceng larinya,caranya sprti ini:
1.papas scam
2.busi rasing
3.spuyer dibolongi
4.karbu PETAK
5.cdi VORTEX
6.gas spontan
7.per kopling rasing
8.koil
itu tips supaya fu jadi kenceng,bila anda ingin tahu lebih banyak hubungi/sms saya: 081367121344 terima kasih.

16. ucok panciro - October 20, 2009

numpang nanyaniiiii apa aman seher scorpion dipakai di fu untuk harian

17. bolod - December 22, 2009

kaloo fu 150 baruu modifikasina yg bgus di mana ? daerah bogor . nd murah . ^^

18. bolod - December 22, 2009

oo iia k email ajah . yepta_aLone@yahoo.com

19. dewean - January 9, 2010

satria fu 150,klu piston nyundul kepala busi…stlh ganti karbu pe 28 pj/mj 40/120…penyebabnya n cara mengatasinya?spek fu sy…cdi racing rextor.per kopling hrd.selebihnya semua standart…tlg y…teman2 yg baik hati…tks…

20. Yon setiawan - January 19, 2010

Bro harga per kopling racing fu. . .ampe brapa ya. .
Makasih

21. chodix - January 24, 2010

brow mau tanya wat fu mania gmana ci…yar fu gwe larinya kuenceng gwe dah tukar kabu gw ma keihin pe28 tp gwe lom puas soal larinya fu gwe ,kalo busi racing merk apa ya yg bagus n per kopling racing nya merk apa yang bagus…terus kira2 hargae brapaan yow…trims tolong bagi yang tau solusinya mail ke chodixnoer@yahoo.com

22. koeyix - May 8, 2010

bro klow motor satria f. aku kasih oil BM1 gimna bro.ap ga pengaruh juga d mesin…. motor smash ku dulu juga tak kasih BM1… sampek sekarang

23. Hendrapoetra - May 13, 2010

Bro,,,gw maw nnya nih,gmana cra reamer krbu supra x 100cc??thankz…,

24. Ryuzaki - May 25, 2010

Satria fu cocoknya pk Enduro 4T Racing!!!
Rakyat untung, Bangsapun ikut untung!!!

25. arigrunge - May 30, 2010

fasfasfafs

26. andreaslachinky - July 5, 2010

Ada yang tahu ngak gimana bikin kenceng larinya shogun 125 ?

27. Faizal | Akselera - August 25, 2010

kl mio pake karbu nya ninja lippo gmn pak ?

28. d-nys - September 25, 2010

Satria tu bagusnya pake prima xp,, bagus , pake enduro slipp

29. d-nys SSAC - September 25, 2010

mau tnya didaerah jakarta yang bisa ganti lampu rpm satria fu biar indiglow dmana ya?? n berapa harganya??? join to groups Suzuki Satria Association Club

30. Rahman - October 4, 2010

.mo tanya bradd biar stria fu enxel th2005 yar larinya kencen..sbtkan akcesoris.a!mksi

31. acunk lore by pass - October 5, 2010

bro mau nanya nih..
kanlpot resing yg bgusuntuk fu apa sich…
cdi resing juga soalx dkndri seringskly blpan
jidi z tnya bgini mau ikut juga blpn spya lbhdknal juga olehcwek2
h hehe…

32. arie - October 19, 2010

ahh.. Lo balap2pan bahaya bro..
.
Salam kenal bro,
pux gw FU jga bro… Larix paling mentok 160KM… Bisa di tingkatkan lagi gk…
Olinya pake shell helix. Bagus appa gk ya..
Bagi tipx bro..
Thx ya…

33. arie christianta - October 25, 2010

om mtor sya supra fit,sya bru maen krbu pe 26 sma noken d poles 0,1.Sya pgen tmbusin mx..
Mx’nya c cuma bru open filter duant sma knalpot racing..
Sya pngen mtor sya knceng tp knalpot standar,xlo lobng hawa sm lobang krbu n knalpot d lebarin?
Kira” tmbus gx tuh mx
tlong d bntu ea
PLEASE

34. arie christianta - October 25, 2010

om mtor sya supra fit.sya bru maen krbu pe26 sma noken d poles 0,1.sya png maen am mx.mxnya c cma bru maen open filter doank sma knalpot racing.apa sya msti gcein lobng hwa,krbu n’ knalpot..
gmna ea biar mtor sya menang..
tlong d bntu ea
PLEASE

35. Rehan - October 28, 2010

Bos numpng tnya ne..
Qt punya mtor mx bru maen krbu pe 26,noken d poles 0,25 dn cdi double shogun,per kopling rx king.Kira” bisa gw tmbusin fu pke krbu 28..
Tlong d coment ea..
Please

36. arie - November 24, 2010

lam kenal nc…
FU gw yang kepala besar.
Rencan ncih mau ganti karbu besar..
Cocokan yang mana nih ya..
Khin PE 28 atau karbu Rx King 26MM
buat harian aja si gak buat balap
tapi kalo ada track lurus ya boleh lah tes tes haha…
Trus .. MJ sama PJ nya berapa yang pas .. Yang gak terlalu boros lah..
Mohong sarannya..
Makasii….

37. wells - December 19, 2010

fu gw pke karbu king buktinya enak bgt.
mlah smpe 180km

38. amoy - January 13, 2011

w mau tnya nie..soal kabel kopling w.coz suka putus trus..bpr x w sering gnti kabel kopling mluu..coz kopling w kadang keras.kdang enak..low lama semakin w pencet.malah kendor kopling ia…gimana iah solusi iah…apa dri kopling ia tw blok kopling ia..,

39. amoy - January 13, 2011

malum nie abang abang ia sekalian…lgi blajar otomotif nie..pngen jd anak motor yg tw segala hal permotoran…

40. fu150 - January 13, 2011

amoy : pake kabel kopling original kan? sering2 bersihin pakai WD-40 biar gak berkarat…

41. jepri - February 28, 2011

abang aq ingin beLi cdi resing
sama per kopling resing ……….,,,,,,,,,,.?

42. oodiohutama - March 24, 2011

@amoy: coba dibersihin pake WD or sejenisnya setelah itu dikasih minyak singer untuk pelumasannya

43. ipanase - August 6, 2011

masih bingung

44. Desmon87 - August 20, 2011

bro saya punya mtor satria F_150,trus saya udah ganti CDI,BUSI & KOIL RACING semua & KARBURATOR RX king tapi susah banget stel kaburator itu,bagus pakai karburator apa biar larinya kencang mtor saya & cocok???
mohon solusinya bro.
thank b4

45. phebray - September 11, 2011

w punya motor satria fu thn 07,knpa y mesin tu pda putaran rendah\TARIKAN PERTAMA mesin ngelitik……. tolong solusinya kawan…….. thaks.

46. Reyz - October 5, 2011

Minta tlng.
Klo hrga spdmter fu yg bru brpa eah.
Sma msin mtr ak ksh suar ny slh dr pa ny.tlng dkmen yh.

47. Andre - September 6, 2012

Aku punya mtr pit x mau maen ma motor scoopi mau tanya.kira2 cc scoopi ma pit x berapa ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: