jump to navigation

Arti Kode dan Perawatan Bearing November 3, 2008

Posted by fu150 in General, Safety.
trackback

post by : oodiohutama @ kaskus

Coba pelototi angka-angka yang ada di bearing. Ada yang dicetak dipunggung atau di lingkar luat. Yang jelas, bukan kode buntut, tetapi punya makna aka punya arti. Bahkan ditentukan berdasarkan standar ISO(International Standard Organisation).

Misal di laher SKF tertera kode 6301 RSI/C3 MT47. “secara Internasional, angka 6 menyatakan laher itu pake tipe ball bearing(laher model bola). Lalu angka 3 menerangkan seri dimensinya. Angka ini menunjukan 3 hal : diameter, tebal dan tinggi.


Untuk kode contoh diatas, berarti, laher itu berdiameter luar 37mm dan tebal punggung 12mm.

Kemudian angka 01, menunjukan ukuran lingkar dalam laher 12mm. Jika ada laher lain angka ini 00,artinya diameter lingkar dalamnya 10mm, 01 (12mm), 02 (15mm), 03 (17mm), 04 (20mm),dan 05 (25mm).

Rangkaian huruf RS, singkatan dari rubber seal. Artinya, penutup laher yang digunakan pabriknya terbuat dari karet. Andai hurufnya Z, berarti penutup daribahan metal. “Diambil dari symbol Zn, artinya Zinc alias seng”

Nah jika laher dilindungi penutup kiri-kanan, didepan huruf tersebut dicantumkan angka 2. Misalnya 2RS atau 2Z.

Berikut kode C3. Simbol ini menandakan kerenggangan antar pelor dan dinding punggung bagian dalam. “C3 cocok untuk motor harian”.

Makin besar angkanya berarti toleransi kerenggangan antar komponen bearing makin besar pula. Tak heran C3, jika digoyangkan lebih ngoklok dibanding C2.

Angka kerenggangan tsb tercantum dari C2 – C5 tanpa tanda(kosong). Motor dengan putaran mesin tinggi sebaiknya menggunakan laher dengan kerenggangan C5. Salah satu alasannya yaitu di temperatur motor balap jauh lebih tinggi disbanding motor harian, dan ketika suhu memuncak maka bola-bola memuai. Posisi menggelinding jadi pas. Tidak akan macet.

Satuan kerenggangan atau Clearance adalah mikron. 1 mikron sama dengan 1/1000 mm.Nah terakhir, huruf dan angka menunjukan jenis pelumas yang pantas dipakai. Misalnya, kode MT47 seperti pada laher roda. MT singkatan dari Medium Temperatur. Kemampuan pelumas bisa bertahan pada suhu -30°C sampai 110°C.

Tips sederhana merawat bearing

Orang yang mempunyai kendaraan sering lupa merawat bearing dan tidak sedikit orang yang kurang paham mengenai perawatan bearing aka klaher, padahal ini bisa berakibat fatal, contoh aja ketika kita lagi ngerebah pas nikung tiba2 ngebuang dan berakibat nyusruk….ciittt..ciitt gubrakkk.. (apes dah)

Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga bearing agar tak bercacat. Pertama, jangan membiasakan utuk mengelap laher yang baru dibuka dari bungkusnya, karena jika dilap kandungan grease aka antikarat malah hilang. Dan yang pasti laher akan cepat berkarat. Menurut beberapa referensi yang saya baca “Jangka waktu grease melindungi laher sampai batas minimal 5 tahun ”.

Kedua, kebiasaan jelek lainnya ketika memasang laher baru kita sering memberi gemuk aka grease berlebihan. Justru hal ini bukan membuat semakin baik tetapi membuat pelumas tsb meler kemana-mana serta membuat debu ataupun gram (serbuk logam hasil gesekan) melekat di laher tsb. Gangsingan sih tetap normal, akan tetapi dipaksakan untuk berputar. Sebaiknya memberikan gemuk aka grease secukupnya saja, dan dikontrol setiap beberapa periodik, 3 atau 5 tahun sekali. Hal ini biasa dilakukan pada laher roda dpn/blkg, komstir, dan dibagian2 yang bukan berada di dalam mesin.

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

About these ads

Comments»

1. xxhrdyxx - November 3, 2008

bearing yg bagus buat pelek depan nyang merek apah gan?

punya owe cepet bgt oblak euy :(

2. oodiohutama - November 4, 2008

btw cepet oblak itu dalam kurun waktu berapa lama bro?? klo keseringan buat standing sih itu jg akan sangat berpengaruh thd ketahanan laher itu sendiri…
yang sudah terbukti bandel dan kualitasnya ok py diantaranya : SKF, dan FAG soal harga memang rada mahal jika dibanding dengan merk lain spt : koyo, NTN, dkk..
smoga membantu bro…

3. ipan - November 26, 2008

kanapa yach kenalpot motor f150 gw sering banget meledak—-gmana yach solusinya ??????

4. gifar - January 13, 2009

mau nanya nii … … ..

gua baru beli satria FU .

ko baru d coba in sudah nya mesin panas bangettttttsss . .??

padahal ga jarak jauh dan itu pun dalam kcptan rendah???

knp???????????

thx

5. ibef C-002 - February 16, 2009

Mantap… mohon ijin menyadur ya om…

6. bowo - March 18, 2009

perr kopling yang bagus merek apa ya…

7. makhluk sexy - April 3, 2009

ada yang tau ngak nyari bearing buat roda depan dan belakang merk FAG dan kodenya?

8. isra - June 24, 2009

kamapas kopling bagusnya ditukar kapan ? sekarang kilometernya sudah 26000-an.belum pernah diganti sebelumnya..
thank

9. Aqry f 150 - August 6, 2009

Bgmn sich caranya agar mesin satria aq cepat tarikannya???

10. ipan dodol - August 10, 2009

moror SATRIA FU gua berisik knapa ya …
apa rantai ketengnya x yach?…

11. Ndogjin - June 23, 2010

Mau nanya, ,
FU q 2 bln ni dh ganti bearing roda dpn 2 x,jd sebulan se x ganti . .
Pdhl gantiny ori semua . .
Knp yach. . .
Mohon saranya. .

12. aris060682 - September 12, 2011

klo bearing jenis peluru, ato jenis lain selain ball bearing kodenya apa??
satu lgi,angka 3 menunjukkan tinggi lebar bearing, gimana cara membaca ukuran tinngginya?
thnks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: