jump to navigation

Membedakan PJ/MJ Asli dan Palsu KEIHIN October 22, 2008

Posted by fu150 in General, Mesin.
trackback

Sumber info : Andry BOX

Karbu Keihin PE28 emang markonak alias mantap banget, selain harga terjangkau, spuyernya juga mudah untuk dicari.

Tetapi, selain spuyer mudah dicari.. dipasaran gak cuma spuyer asli yang beredar, spuyer aspal atau bahkan abal abal juga melanglang buana di pasaran..

Trus, gimana cara membedakan PJ (Pilot Jet) dan MJ (Main Jet) yang asli dengan yang palsu untuk KEIHIN?

Secara pintas, bentuknya gak jauh berbeda.. bisa dilihat dari gambar berikut..

Dari gambar tersebut, ketahuan kan bedanya…

Untuk Pilot Jet :

  • Pastikan tulisan (tebal, tinggi dan lebar) serta posisi kode sama seperti bawaan PE28 (42S). Di gambar PJ kiri adalah palsu karena tidaka da kodenya.
  • Di dekat ulir yang asli ada semacam serat ulir tipis

Untuk Main Jet :

  • Pastikan tulisan (tebal, tinggi dan lebar) serta posisi kode sama seperti bawaan PE28 (152).

Jika anda membeli tidak terdapat ciri diatas, dapat dipastikan barang tersebut PALSU.

Penggunaan spuyer palsu tentunya akan menyusahkan pada saat setting karburator.

About these ads

Comments»

1. smileymarco - October 22, 2008

top markotop inpohnya.
sangat bermanfaat.

2. hrdy - October 22, 2008

nice info koh bedhe

3. Admin - October 23, 2008

thx bro hrdy..
suhu kaskus sudi mampir dimarih

4. addicted - October 30, 2008

wihh makknyooss…

PJ MJ nya gede bgt yakk..
ngucur trus tuh bensin.. xiixixixiii

siap2 dana tambahan deh klo beli PE28 original (new)
bwt custom mksdnya.. :D :D

CMIIW

5. Admin - October 31, 2008

@addicted : iya juga sih bro
tapi klo dah ngomong FU, nggak etis klo ngomongin soal boros nggaknya… klo pengen irit, jangan pilih FU.. heheheheheh

6. Jancok_man - November 3, 2008

boss, kl pake karbu keihin pe 28 boros kagak fu gw ntar?
thx

7. Admin - BeDHe - November 3, 2008

tentunya akan setara dengan tenaga yang dihasilkan bro
performance motor kencang akan selalu identik dengan bensin yang rada boros bro.. tapi dengan pengapian yang baik tentunya hal tersebut sedikit dapat ditekan. Jadi, selain ganti karbu, koil dan CDI perlu diganti yang “lebih berkualitas” agar pengapian yang dihasilkan juga maksimal

8. Jancok_man - November 4, 2008

@ Admin
Thx bro buat jawabannya
kl dgn karbu std konsumsi bbm nya beda jauh ga?
kl dah pake keihin pe28 perbandingannya jd brp?
gw uda pake koil kitaco, busi daytona iridium, cdi msh std.

9. Admin - BeDHe - November 4, 2008

waduh.. dapet brapa pastinya juga gak pasti bro
tergantung setting dan part lainnya kali ya
tapi prediksi gw sih gak jauh dari 1:25 deh – 1:28

10. Jancok_man - November 5, 2008

@ Admin
Bro Untuk pemasanganya intake manifold diganti ga?
kl ga diganti apa hrs diakal supaya tuh karbu bisa terpasang?
utk PJ n MJ nya pake ukuran berapa?
Bro tau ga bengkel di sby yg bs setting fu gw?
Thx Bro

11. oodiohutama - November 10, 2008

@ Jancok_man : klo pakai PE28 untuk manifoldnya bs mempertahankan yang std atau bs memakai manifold binter merzy.. dan umumnya bs langsung p n p namun rada dipaksakan sedikit agar masuk.
ada alternatif lain dengan jalan mengikis or dibubut or digerinda venturi sisi bagian luarnya dan dibentuk kembali bagian sisi luarnya yang legok kedalam.. pengikisannya disesuaikan dengan diameter sisi dalam manifoldnya.

umumnya sesepuh disini pake PJ38 MJ118, jika dirasa kurang tinggal dinaikan atau dikurangkan sesuai dengan kebutuhan aja bro…

smoga membantu bro…

12. sesio - December 30, 2008

om dio, mo nanya dong
kalo ngeliat asli palsunya pj/mj bisa dari tulisan angkanya gak?
gw pernah nemu yg tulisannya solid, ada juga yg tulisannya titik2 gitu
itu mana yg bener ya?

13. oodiohutama - December 30, 2008

sebenarnya bs bro, namun klo mo lebih cermat dalam memilih cek lubang tengahnya bro.. mengenai tulisan itu dicetak tidak terlampau besar dan tidak dalam ketrikannya namun tidak berupa titik2.CMIIW.
dari segi warna kuningnya jg rada buram tidak kinclong, cetakan ulirnya jg tidak kasar aka dratnya tidak kasar.

smoga membantu bro…

14. sesio - December 30, 2008

di lubang tengah, apanya yg di cek bro??

15. oodiohutama - December 30, 2008

lubang spuyernya bulat ga oval or lonjong bro…
cm kudu jeli matanya kek mata elang….hehehe
klo asli ukurannya tentu tepat sedangkan yang aspal ukuran yang tertera dengan kenyataan lubangnya berbeda..

16. Dodots - February 18, 2009

Bro kalo karbu king di supra,ukuran pj n mj na brp?

17. rio raikkonen - April 8, 2009

Alow…
misi mas..
aq mw nanya2 nih..
Motorq satria FU 150 2008
dah ganti knalpot AHRS F4 bulat
Busi Denso iridium
gir belakang turun dari 43 ke 41
n barusan ganti karbu keihin 28, NSR SP..
lha ukuran main jet n pilot jet yang paling tepat brapa ya?? serta anginnya dibuka brapa putaran??
kalo temen2 ada yg tw, bagi2 info ke aq ya..
Thx.
rio-surabaya.

18. rizqy - April 18, 2009

bro kenapa ya karburatur gue susah banget nyetingnya?

19. fu mania - May 12, 2009

bro mau tanya nich…karbu gw susah langsam,knp ya??
gas mesti di kocok trusss(pegel).
si stell gas besar,malah nyangkut di rpm3 lalu baru turum ke rpm 1.
padahal PJ/MJ ud pake yg ori

20. Hrdy - May 20, 2009

^pake PJ ama MJ ukuran berapa om?
PE nya yg thai ato yg chinlok? :P

21. Ridho - August 21, 2009

Pa bro.w mo tny nich.npa klep mtor fu w ngritik tyuz?ksh tips’y dunk.

22. abenk_inc - September 6, 2009

pengen ganti gir belakang satria fu ukuran 41mata..kira2 yang cocok pake punya mtor apa ya n harganya dikisarann berapa?
trims…

23. jani petir - November 20, 2009

boz..
knpa ya krbu qu susah ?
d sting nya ? . . . . .

24. jerry margi - November 25, 2009

untuk sahabatku yang ingin mendapatkan main/pilot jet asli dari jepang segala merk karburator keihin/mikuni segala type dan bentuk karbu,dan segala ukuran saya siap bantu.garansi uang kembali 100%.barang asli jepang langsung saya kirim dari jepang.jerry_margi@yahoo.com terimakasih

25. arief - December 20, 2009

cuy kwhin PE 31 berapa pasaran.a???????? ada yang tau gak

26. arief - December 20, 2009

cuy kehin PE 31 berapa pasaran.a???????? ada yang tau gak

27. daniel - January 28, 2010

mau nanja
klo buat scorpio pj/mj nya ukuran brap ya ??

yg w pake skr ukrn 40/98

aga ga enak ni mtr

thx

28. veer-zaara - April 29, 2010

FU oke banget, apalagi pke karbu pe 28…mantap…meski usia sudah tidak muda saya serasa jadi ABG…hahaha….klub fu di bdg dimana yach… usia 35 boleh gabung ga???
sy sekarang pke 40 / 120, ada yg tau ukuran yang lebih ok ga?
salam fu raider…

29. ipanase - August 6, 2011

Asekkk


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: