jump to navigation

Seputar Noken As aka Chamsaft aka Kem October 21, 2008

Posted by fu150 in General, Mesin.
trackback

Post by Oodiohutama @ kaskus

Pengertian LSA (Lobe Separation Angle) :

Adalah angka derajat jarak antara titik tengah pucuk bubungan lobe-in dan pucuk bubungan lobe-exhaust.

Menurut pakarnya 4 tak dari Jogja yaitu Ibnu Sambodo tentu ga asing tuh namanya…
Beliau bilang klo hanya bermodal kem mentah memudahkan mekanik mencari angka LSA makin ekstrem. Karena “bentuk kem bisa dibuat sesuai kebutuhan”.
Angka LSA yang makin rendah juga mudah diraih, karena profil kem tidak terpatok. Mulai dari kepala, pinggang, sampai pantat, semua masih bs dibentuk ulang. Beda dengan bentuk kem standar yang mesti ditambal ulang kalau mau bentuk baru.

Ilustrasi gampangnya kek orang tepos kalau mau terlihat bahenol musti ditambal tuh pake busa yang tebal.. heheheheh…
Si Ibnu jg sanggup dengan mudah membuat smash ngibrit di MP dengan LSA 100° – 110° .

Teori Penting yang harus dipahami :

Makin rendah LSA, makin besar overlap. Pada putaran atas, komposisi ini sangat bagus.
Efek tinggi overlap membuat pembilasan makin sempurna pada putaran atas, karena proses pembilasan terjadi pada saat overlap. Dimana semua klep sama2 membuka di TMA (Titik Mati Atas).
LSA juga menentukan Power Band. “Meski durasi sama, LSA diubah maka karakter mesin jg ikut berubah. Makanya, untuk menyesuaikan trek, banyak yang ubah LSA meski durasi tetap” kata om Chia (suhu korek Suzuki top-1).
Menurut pakde (Ibnu Sambodo) secara teori trek panjang butuh LSA rendah.

For LSA

For LSA

Hitung Overlap dan LSA :

Besar kecilnya overlap mudah dibaca dengan diagram kem. Daerah diagram yang mempertemukan klep in saat membuka dan out baru membuka, itulah overlap.
Coba bro2 liat diagramnya aja deh….

diagram

diagram

Misal, kem in membuka di 25° sebelum TMA (Titik Mati Atas). Sedang kem out masih membuka sampai 30° sesudah TMA. Maka angka overlap adalah 25°+30°=55° .
Sementara, untuk menghitung LSA, Om Chia memberi rumus mudah.
Rumusnya :
((Durasi in / 2) – angka bukaan in) + (durasi exhaust / 2) – (angka tutup exhaust) / 2) = LSA.

Cth; durasi in 270° , bukaan in 25°, durasi exhaust 270° , tutup exhaust 30° . Maka LSA = ((270°/2) – 25°) + (270°/2)-30°) /2) = 110° + 105° = 215°/2 = 107,5° .
Jadi LSA= 107,5° .

nb:
ini hanya sekedar sebuah informasi yang mungkin bs bermanfaat buat acuan mengoprek seputar Kem. Untuk keberhasilannya sangat dibutuhkan ketekunan dalam bereksperimen serta penghitungannya demi mendapatkan LSA yang terbaik buat Epyu sesuai trek tentunya…

Source : motorplus edisi 207-209/2003, 260/2004


About these ads

Comments»

1. smileymarco - October 22, 2008

set dah, ilmu kelas berat nih. sampe puyeng, masih blm ngerti jg gw.
suhu dio emang TOP!
gaulnya sm sesepuh2 sujuki. pantes aja ilmunya banyak :D

2. Admin - October 22, 2008

@smileymarco : bro suka merendah
ayo ilmunya diturunin kesini juga
login ama password dah gw kirim ke account gmail ye

3. fu150 - October 28, 2008

iya tuh bro bimo … ilmunya diturunin kesini biar tambah rame…
nubih tunggu ya bro…

4. andryans - November 3, 2008

bede, artikel ini gw update di site gw lho…. updated
http://asulaeman.wordpress.com/2007/07/20/review-knalpot-suzuki-satria-f150/

5. Admin - November 3, 2008

@andryans : thanks infonya
btw, link bro andry itu soal knalpot tapi di sini commentnya soal noken..
heheheh.. thx sekali lagi bro
crew SSFC yang satu ini emant TOP

6. oodiohutama - November 11, 2008

@smileymarco : saya cm nubih bro… saya masih byk belajar bro… :D :beer:

7. iwan prasetyo - November 11, 2008

infonya keren jg mas.kenalin nama saya iwan.saya tinggal d jogja,saya juga mau berbagi dan sharing seputar noken as bersama temen2 yang laen.bs lewat email iwan_racing@yahoo.com kebetulan saya pernah berguru sama om gandhoel GRM dan punya banyak koleksi buku yang bersangkutan dengan cara pembuatan noken as mulai graham bell,jhoon hendrik,marco shalom,paul ramons dll
……salam

8. galuhirfan - January 26, 2009

hiii
bro semua
gw mau tanya dong tentang cdi
cara kerja pulser dan cdi tuh bagaimna?

9. galuhirfan - January 26, 2009

bro tolong bantuin dong
gw cuma pengen tau cara kerja pulser aja deh terhadap cdi
kebetulan saya sedang membuat cdi programble yang timing ignitionnya bisa di ubah berdasarkan setingan yang kita inginkan!!!!
terus lsa pada noken as cara buatnya gimnaa???

10. elspeed - March 3, 2009

oWWwhhhhh……

tHeNKIUUU BoZzz

MG bLOGg NIE BErmanfaaTTT

mG tambah SIipae
^_^

11. cupu - March 6, 2009

maap ni mau tanya.. maksud Lsa rendah sama Lsa tinggi tu gmana ya?? saya belum tau ni?… mohon jawabanya ya.. trimakasih

12. Adhi - April 16, 2009

Bwt iwan,buku2nya boleh tuh!

13. RACE-ZA - April 17, 2009

Coba mampir ke ratmotorsport.wordpress.com byk artikel utk kohar bsama fotonya.

14. ratspeed - April 20, 2009

Nice info,
semoga dengan ilmu ini kawan-kawan semakin bijak memilih camshaft racing. :)
LSA rendah yang pasti motor susah idle hehehehe…

15. wisnu - May 6, 2009

buat satri f dengan ngerubah noken jarak tempuh 500meter ukuran nokenya berapa?????? trus ambil blok kopnya brapa???? thk

16. kikie - May 9, 2009

boz kalaw kem diubah2 banyk komponen pendukung yang mesti diubh2 jg, pihak pabrik pasti udah memperhitungkan semua material, ukuran, terutama biaya, kaya nya ngerubah kem bukan nguntungin pemakai tapi sebaliknya nih

17. dukik myanmar motor - June 10, 2009

santae ae jhe aku ak mburimu. jho tarang tarung ae, garapen senk kenceng pedae riko, masalah joki telp awak – awakan

18. WnR ombie - June 27, 2009

hai . . .. . . . .tmn2 w mO tanyaX nuec fU leh gx peke tali gass vespa thnk bye bye bye

19. ari - July 5, 2009
20. adit - July 19, 2009

hai bro!!
salam kenal ne…

mau tanya nie, harga noken as racing buat vega harganya berapa yow??

21. eNdrO pEkAnbARu - July 23, 2009

Askum sob..
Gw pny mtr shgun thn 96..
Tp pston ny udh aq gnti pke pston shgun 125+klep na msh stndr..
Trus mangkas CAM yg bgus biar g jbol tu pke ukran brp sob..biar bs tuk harian..
Thank’s y ..
Ws.kum.

22. eNdrO pEkAnbARu - July 23, 2009

Sob.. bs g ksh tbl tuk papas kem..
Untk kohar(korek harian),,
oh y brti kmu knal uga dunk ma maz upix bkas mkanik ny hendriansyah yg tggal d jln paris ??

23. budi - September 12, 2009

apa bisa cam in dipasang di cam out???
kata mekanik daerah nganjuk itu bisa???

24. ivan - October 2, 2009

mas ajarin cra hitung durasi noken as dong…… hehehehe

25. wonk kuno - October 17, 2009

boz klo mau ubah durasi kem standar,,lebih bagus ga??matur nuwun…
cah smkn1magelang

26. henda - November 10, 2009

maz,saya henda mw tnya ukuran yg sama persis ma noken itali brp?tolong d jawab…..

27. jebhol bae - November 24, 2009

bos aq punya satria fu standart tune uP siapa yang mau mau tarung ????
sengera hub !!!!
kRt gresik sPeed

28. danang - November 30, 2009

bro..
gwe bingung berat nh maslh noken as
gmn ngitung nya,,
buat modif noken as biar motor bsa knceng
thanks

29. youga.19 - February 17, 2010

sob korekan mio noken as d pa2s brp drajat. smua da d korek tiger

30. ambon paijo - March 4, 2010

halo om gimana kabr ya

31. kocengz - March 7, 2010

boozzz ….
pro rgne nokken as satria seng wez drgat ????

32. dayat - March 23, 2010

gw mau tau cra na bobot noken as
.
.
.
.
.
…………………
.
.
.
…………… . . . . . . . . . . . . . . . . .

33. iwa sp - April 8, 2010

bos dayat pusing2 amat bli aja yg racing.

34. muhamad rizal - April 15, 2010

mas,di kota saya lg ramai balap liar,saya minta spek vega bebas.trims atas berbagi ilmunya

35. verry Yanto Prakoso - May 1, 2010

waduh ??? ga ngerti om. Susah banget yach.

36. gandos - May 5, 2010

kalok kem digerinda pada bagian yang bebas dari rocker arm gimana bos hasilnya yaitu pada saat mulai kompresi gimana bos efeknya

37. kleon - June 17, 2010

qw mau belajar

38. verry yanto prakoso - July 2, 2010

saya sebagai mekanik roda dua yang telah bekrja di bengkel selama 7 tahun aja belon ngerti2 om….. mudah – mudahan lebih bisa mendetailkan secara terperinci semua cara – cara praktis dalam mencari gitungan noken as. aminnnnnnnnnnn hehehe

39. yudi - July 13, 2010

salam brow..
ubah langkh ayun dan kompresi tu pngaruh wat setingan timing Or gmn..??
Mohon bntuanya yUpz gan..
Eky_yudistira@yahoo.com

40. yudi - July 13, 2010

NB: by yudi..
Pengruh ubahan lngkah ayun dan kmpresi thdap Timing cam (durasi, overlap, LSA)

41. sahabatauto - August 3, 2010

nice info ny,.. boleh juga ni di coba buat iseng2 dulu saja dech

42. Speedlover - August 15, 2010

Lam knl smuanya.. Mo tanya nih om Iwan,knp ya bahasan mengenai modifikasi kruk as / bandul ga ada? Misalnya merubah beban akhir mnjadi lebih ringan gtu. Udh nyari ksna-sni ga dpt2 jg.. Apa ilmunya masih disimpan para suhu?hehe..

43. Speedlover - August 15, 2010

Hadooh.. Ada yg ktinggalan om.. Gmn ya cara nge-DIAL FU?? coz posisi ujung klep(buka-tutup klep) ketutup sama kem. Mohon pencerahanya..matur tengkiyu.

44. Budimovix - August 16, 2010

Dijual onderdil FU:kruk as+stang, rasio std,blok magnet,bak kopling.. Kondisi masih muyus,harga mak nyuuss..,djmin hrga miring. Brminat hubungi:085717256365

45. wawan - September 22, 2010

bos kalau pake noken as mobil dimodif,biar lif &lsa explore juga bahan mungkin kuat,kira2 bagus tidak?

46. arlan - November 5, 2010

jadi bingung dch

47. arlan - November 5, 2010

bikin pooooooooosing

48. arlan - November 5, 2010

drag malam bikin hebooooooooooo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

49. arlan - November 5, 2010

kawasaki bikin heboooooooooo!!!!!!!!!!!!!!! di road race

50. arlan - November 5, 2010

buat anak drag mending loe pada

51. arlan - November 5, 2010

gue botak okz gue suka drag bike…! buat belek okz gue cuma mau tau skarng loe dch pntr lom!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

52. heru purnomo - December 21, 2010

bagaimana cara memangkas noken grand untuk balap tapi juga buat harian? dan berikan gambar hasil nokennya?

53. furi - December 29, 2010

saya pnya vega r tp power atas payah sedang kan power bwh gila2an….
pa da pengaruh dngan papasan noken as to…

54. furi - December 29, 2010

truz gmn to biar saya bsa uber power atas jg…..
dngan seher ukur 53 1/2 duank…. klep standar….

55. arifin0 - January 1, 2011

para riders sharing + berbagi ilmu lwat group FB yuk…
add RIP SPEED TUNING,

56. Ocky Tamtelahitu - June 27, 2011

Hello semua.. :)

57. degul - December 16, 2011

mantap ey bikin pusing

58. zali - March 25, 2012

askum,bos sy puny shogun 110,sya minta ukurn papas kem ,brapa om hitungnya,

59. Aseng Simarmata - May 17, 2012

cARa ngehitung nya masih dkit susah
gw masih bingung
cara ngitung nya biar motor ngacir

60. sigit santoso Banyuwangi JATIM - June 28, 2012

makasih mbah udh membagikan ilmunya…

61. supri yadi - October 8, 2012

waduh om udh tk bc berulang ulang msh aja puyeng,tlng om kirim artikelny d alamat emailqu,thanx om!!!

62. babahe speed - October 11, 2012

thank you your information

63. wms - October 28, 2012

lsa berapa buat motor road race dengan sirkuit dadakan yg sering di adakan di makassar yang cocok(sirkuit pasar ) stop and go.
yamaha crypton mp 5.
tolong di bantu

64. irhamsyah rafli siregar - February 1, 2014

Sip

65. irhamsyah rafli siregar - February 1, 2014

Klau g’ ngerti hitungan buat Ä̷̽p̷̈̽ä̷̽ nnyak broo..

66. irhamsyah rafli siregar - February 1, 2014

Dstu kan dah hitungan nya cuman gmbarn dari noken as ny yng qrng jls,,,, ,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: