jump to navigation

CAra Inreyen Motor yang Baik (SATRIA FU 150) June 6, 2008

Posted by fu150 in Mesin.
trackback

Sumber : SSFC, c1p1.wordpress.com

Cara anda memperlakukan mesin, dari dingin sampai dipakai sampai di matikan lagi memiliki efek yang sangat besar dalam umur dan kemampuannya.

Berikut ini pengetahuan dasar yang sebaiknya anda pahami.

Running in ( inreyen ) untuk Satria kita 500 km

1. Lupakan cara lama dalam memperlakukan mesin baru dengan cara memperhatikan batasan RPM tertentu dalam jarak tertentu, lebih baik dikendarai secara biasa saja (normal use) yang membiarkan mesin bekerja secara bebas (tetapi jangan sampai batas merah) dan jangan juga di beri beban berat (misalnya penggunaan gigi tinggi pada kecepatan rendah).
2. Penggantian perseneling juga dilakukan secara halus jangan di dilepas secara tiba-tiba. Inreyen jangan dilakukan dengan cara distandar tengah lalu mesin dihidupkan dan perseneling masuk dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut dapat merusak mesin.

Ada 2 buah Tips yang bisa dilakukan semasa Inreyen, yaitu :

* Cari turunan yang agak panjang (kalau bisa sih kondisi sepi kayak minggu pagi biar gak ganggu lalu lintas), dimulai dari atas, kendarai motor kira-kira 50 km/jam. Begitu mulai turun, tutup gas sedikit sekitar 1-2 detik lalu buka gas lagi sampai mesin terasa narik (torsi dapat), tutup gas lagi. Hal ini menghasilkan kefakuman di dalam crankcase( ruang mesin di bawah piston) yang menyebabkan tekanan ring piston terhadap dinding silinder sehingga membantu untuk bed in (menyatu sehingga gesekan minim).
* Jangan menggunakan oli sintetis. Hal ini selain memperlambat bed in karena kelicinannya juga dapat memperpendek umur mesin. Bearing dan silinder menjadi terlalu licin sehingga tidak bisa menghasilkan film untuk memegang oli yang lewat. Jadi kalau inreyen pakai oli standar pabrik yang mineral aja, selain murah hasil terbaik.
* Menghidupkan motor dari keadaan dingin. Kerusakan yang paling besar dari sebuah mesin kebanyakn terjadi pada start awal dari dingin. Oli masih sulit untuk bersirkulasi dan juga oli masih berada di bawah yaitu di bak oli. Untuk menolong hal ini, gunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan mesin mati. Dalam hal menyimpan motor juga berpengaruh. Parkirlah motor dengan menggunakan standar tengah sehingga oli merata dikiri-kanan mesin. Kalau menggunakan standar sampng, oli akan berkumpul di sebelah kiri mesin. Apalagi kalau motor ditinggal lama. Hal ini menyebabkan bagiandalam mesin sebelah kanan jadi cemburu karena kurang terlumasi. Setelah mesin hidup, boleh tunggu beberapa saat sekitar 1 menit sampai mesin sudah idle normal atau langsung jalan dengan kecepatan santai untuk memberi kesempatan oli bersirkulasi dengan sempurna.
* Kendarailah motor dengan semestinya. Mesin-mesin dibuat dengan tujuannya masing-masing. Mesin potong rumput di disain untuk hidup dengan putaran mesin yang statis. Berbeda dengan mesin motor yang didisain dengan putaran mesin yang dinamis.

Apalagi untuk motor jaman sekarang yang didisain untuk dibawa pada RPM menengah ke tinggi. Misalnya untuk Motor Satria, dari spesifikasi dapat diketahui tenaga dan torsi maksimum pada RPM yang cukup tinggi yaitu 9000-an.

Sehingga bisa dikatakan mesin Satria bekerja secara optimal di sekitar RPM (8000 – 90000) yang membuat mesin menjadi lebih awet dibandingkan dengan mesin satria yang dikendarai terlalu hati-hati atau dikendarai dengan cara short shifting (ganti perseneling pada RPM yang terlalu rendah).

Jadi sekali-sekali motor bawa kebut untuk membuat mesin bersih dan sehat tanpa melupakan tanggung jawab kita sebagai pengendara motor yang sopan.

Perhatikan pula dalam menurunkan perseneling. Jangan menurunkan lebih dari satu gigi sekaligus dari kecepatan tinggi yang mengakibatkan over-rev (RPM ketinggian atau di atas batas aman)sehingga dapat merusak transmisi dan katup juga bisa bengkok.

* Jangan sering-sering angkat roda depan. Sepeda motor di disain dengan dua roda, jadi kalau kita mengendarai motor dengan satu roda berarti kita memakainya diluar disainnya. Beberapa motor, kalau kita angkat roda depan cukup lama menyebabkan oli menuju ke belakang crankcase sehingga sulit dijangkau mesin untuk disirkulasikan. Apa yang akan terjadi? Turun mesin! :)

* Please, don’t do it (jangan lakukan!!). Kita sering melihat pengendara motor atau mobil menaikkan RPM (ngegas) sebelum dimatikan. Untuk kendaraan teknologi lama atau mesin 2 tak hal tersebut biasa dilakukan untuk memperkaya ruang bakar atau membersihkan busi sehingga mudah untuk di start kembali (CMIIW). Namun untuk kendaraan modern hal ini akan merugikan. Seperti kita ketahui bensin adalah cairan yang ampuh untuk membersihkan kotoran yang berlemak atau ber-oli. Sehingga apa jadinya bila kita melakukan hal tersebut di atas yang menyebabkan ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena langsung dimatikan setelah di gas? Oli yang melindungi silinder dan piston akan tersapu yang berarti umur mesin berkurang dan bisa menyebabkan karat bila motor disimpan lama.

About these ads

Comments»

1. brightbluefu - July 6, 2008

jadi pada masa inreyen ngebutin motor gpp?? aku sekarang punya fu KM masih 30an.. dan cara bawamotor ku pelan2 dan tiap RPM 5000 ganti gigi.. itu salah yah??

Klp penggantian parts racing spt CDI, koil, karbu, knalpot free flow dan modifikasi plug and play lainnya pada mesin gres seperti motor saya bagai mana dampak nya?(kepada ketahan mesin dan kemampuan nya)

2. admin - July 7, 2008

Ada baiknya mengikuti petunjuk penggunaan manual atau literatur diatas.
Bagaimanapun juga, spare part yang ada pada FU adalah dikondisikan untuk pemakaian secara optimal.
Sebaiknya untuk penggantian spare part dengan custom seperti yang anda sebutkan dilakukan setelah 500 – 1000 km

3. ghan - July 14, 2008

Bang,, blog nya aku link di blog ku yah bang,, cz aku pengguna FU amatir,, KM ajah belum sampai 3000,, tapi udah jalan kemana2 FU nya,, Baru 700Km ajah udah aku pake full speed sampe 140KM/jam,, gpp kan masa inreyen di geber sampe segitu?
Terus aku kan pake pertamax mulai pertama beli sampe sekarang,, tapi kerasa banget,, gaji abis buat pertamax doang,, kadang2 2 hari ajah udah isi 20rb,, seminggu hampir 60rb :p premium udah naek,,
terus mau nanya juga,, kalo ganti PJ pengaruh gk ke borosnya bensin??
Thanks…

4. admin - July 15, 2008

silahkan saja, toh ini share juga bro ghan
gw juga ngerasain itu, makanya gw sekarang beralih ke premium, bukan lagi pertamax
untuk meningkatkan performa / kualitas premium, gw gunakan octan booster agar nilai RON nya meningkat setara pertamax
beberapa ulasan mengenai octan booster ini bisa bro liat di postingan gw yang lain
tentunya penggantian PJ akan berpengaruh terhadap keborosan BBM, tetapi kan seimbang dengan performa yang diberikan
CMIIW

5. Wandy - July 15, 2008

Koq mesin fuq agk kresek2 y,pdhal msh bru,km aja bru 100.

6. Wandy - July 17, 2008

Klw fu emankx cma bsa 2jm/lter y,.ap krn fuq msh bru jdi agk boros,kasi jwbnx donk

7. admin - July 17, 2008

maksudnya gimana tuh
standard FU tuh 33 km / liter bro

8. Wandy - July 22, 2008

25 km/l aja tuh

9. admin - July 23, 2008

motor gw aja masih bisa 30-33 km / jam koq..

10. sandy - August 15, 2008

bos ! gw baru beli fu nech yang local, koq waktu naikin gigi 1 susah yach ?……….sebelumnya di pake temen gw, truz pda saat keadaan matin temen gw nrunin gignya gk pake kopling. itu juga gk netral 2x. pengaruh gk yach ? thx

11. Wandy - August 23, 2008

Bang admin,DOHC apaan yah trus bedax ma SOHC apaan,trus klw ga ganti saringan olix waktu servis pertama dampakx apa,jwbanx donk,

12. admin - August 25, 2008

Lebih jelasnya, gw comot dari wikipedia ya..

Single overhead camshaft
A single overhead camshaft cylinder head from a 1987 Honda CRX Si.
A single overhead camshaft cylinder head from a 1987 Honda CRX Si.

Single overhead camshaft (SOHC) is a design in which one camshaft is placed within the cylinder head. In an inline engine this means there is one camshaft in the head, while in a V engine or a horizontally-opposed engine (boxer; Flat engine) there are two camshafts: one per cylinder bank.

The SOHC design has less reciprocating mass than a comparable pushrod design. This can allow for higher engine speeds, which in turn will increase power output for a given torque. The cam operates the valves directly or through a rocker arm, as opposed to overhead valve pushrod engines which have tappets, long pushrods, and rocker arms to transfer the movement of the lobes on the camshaft in the engine block to the valves in the cylinder head.

SOHC designs offer reduced complexity compared to pushrod designs when used for multi-valve heads in which each cylinder has more than two valves. An example of a SOHC design using shim and bucket valve adjustment was the engine installed in the Hillman Imp (4 cylinder, 8 valve), a small early 1960s 2-door saloon car with a rear mounted alloy engine based on the Coventry Climax FWMA race engines. Exhaust and inlet manifolds were both on the same side of the engine block (thus not a crossflow cylinder head design). This did, however, offer excellent access to the spark plugs.

In the early 1980s Toyota and Volkswagen also used a directly actuated, SOHC parallel valve configuration with two valves for each cylinder. The Toyota system used hydraulic tappets while the Volkswagen system used bucket tappets with shims for valve lash adjustment. Of all valvetrain systems this is the least complex configuration possible.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f2/Head_D15A3.JPG/250px-Head_D15A3.JPG

Double overhead camshaft
Overhead view of Suzuki GS550 head showing dual camshafts and drive sprockets.
Overhead view of Suzuki GS550 head showing dual camshafts and drive sprockets.

A double overhead camshaft (also called DOHC, dual overhead cam, or twin cam (TC)) valve train layout is characterized by two camshafts being located within the cylinder head, one for inlet and one for exhaust valves. Typical automotive engines equipped with dual overhead camshafts can have from two to four camshafts in total, depending on the engine configuration. The term Twin Cam doesn’t tell the exact location of camshafts, but it is mostly used to describe DOHC structure.

Double overhead camshafts are not required in order to have multiple inlet or exhaust valves, but are necessary for more than two valves that are directly actuated (though still usually via tappets). Not all DOHC engines are multivalve engines — DOHC was common in two valve per cylinder heads for decades before multivalve heads appeared. Today, however, DOHC is synonymous with multi-valve heads since almost all DOHC engines have between three and five valves per cylinder.[1]

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1b/Suzuki-GS550-DOHC.jpg/250px-Suzuki-GS550-DOHC.jpg

13. gadjah - September 29, 2008

bro, thanks atas infonya.. walaupun motor saia bukan FU, tapi bukan menjadi masalah kan kalo diterapkan di merk lain??
lumayan ni infonya, skarang lagi inreyen kawasaki athlete. bingung ni milih olie untuk 1st service. make yg bonus dealer (drum bilangnya elf, tapi ga tahu lagi) atau olie lain macam kawasaki 4t 10w-40 atau shell VSX??

ada usul??

14. fu150 - October 7, 2008

@gadjah : gw agak blank klo buat kawasaki bro
tapi untuk standardnya mungkin bisa gunakan oli bawaan pabrikan kali bro..
CMIIW

15. aree - October 27, 2008

boz supaya mesin ga ngelitik kt bengkel sih ada yg bilang dpakein perjustter,klo ga salah montirnya ngomong kaya gitu.
ada solusi lain ga selain itu.tnx

16. Zhye - November 11, 2008

to : bro admin
from : zhye

gua mw tnya nech ma bro admin.dampak pa ya yg akn trjdi klo fu aq,aq ksih premium.cz hrga prtamax mhal n dtmpat aq jg msh lgkah.pa yg hrus aq lkuin.tlg refrensinya n pnjelasannya

thank be4

17. Admin - BeDHe - November 11, 2008

sudah dibahas di postingan yang lain
coba bro baca tentang octan booster di blog ini

18. andika - November 18, 2008

mau tanya nih bro2 sekalian, satria fu gw rusak tutup ( tapet ) mau order dimana yah. tolong bro di kota gw gada yg jual.

19. Admin - BeDHe - November 19, 2008

@andika : coba aja tanya ke BERES terdekat.. pasti adalah bro..

CMIIW

20. pall - January 5, 2009

FU ku kok agak2 (agak lho…agak sekali…) mbrebet ato batuk2 kalo di pake di bwh 50km/jam y? trus mulai gemeter di rpm 8rebu… kalo di pake ngebut enak… trus juga gampang panas… kalo panas mesin trasa kasar dan g enak di pake jalan…

kalo suara mesin FU kek na emang rada kresek2 deh…

21. pall - January 5, 2009

mohon petunjuk na…. T.T

22. om_ponx - March 5, 2009

aq pngen ngerti gmn cra nyetelin kalbulator yang bner…..
setelanya agar pas dengan setelan pabrik….
plus ada gambarnya

23. titok - March 30, 2009

tny mas admin…kl pake fu tz pz 0ver gear rendah,,ng0pling,,tuz buka gas bt jln lg,,tp bunyi klek-klek(kyk berat) gt..apax y mas?apa it tanda kampas k0plingx aus?

24. bagus - April 27, 2009

tapi ak kalo naik motor banter terus, tapi kok malah suara mesin jadi kasar .
dan ngomong2 satria fu itu pakek rante rongsel gak ya soal nya ad yang bilang kalau satrua fu itu gak pakek rante rungsel.
dan ak jugak nganti cdi ku tapi kok malah bahan bakar nya irit sih

25. yan - May 12, 2009

kl pindah gigi’y pas rpm’y udah tinggi,gpp g??
soal’y motor mau narik kl pndh gigi pas rpm tinggi…

26. fan - July 10, 2009

apa sich kekurangan FU dan kelebihan FU?

27. indra - July 19, 2009

klu fu punya gwe kecewa sama mesinnya uuyy yg kasar….!!!
jadi keluhannya klu pas mesin baru di hidupin jadi ada suara kasar tapi klu udah panas suara kasarnya ilang…..
atau eamng semua fu150 kaya ghetuh eah,,,,
ditunggu jawabannya eah…..!!!

28. Andira Muttakim - July 27, 2009

saya juga dulu kayak gitu.. katanya sih rantai keteng nya kendor dan harus diganti.. biasanya FU yg sering di bawa ngebut punya masalah seperti itu. .tapi saya males bawa ke bengkel soalnya belum punya duit ngebenerinnya (sekitar 700rb an).. akhirnya di pake normal aja tiap hari.. ajaibnya suara berisik itu berangsur-angsur menghilang… ngga tau tuh kenapa…

29. sia - September 14, 2009

g mau tanya cara kecil kan gas motor fu 150 soalnya baru g nyalain eh malah kenceng banget suaranya terima kasih solusinya

30. ompunks - September 17, 2009

gw baru ngangkat satria 2006 build up thailand

31. Agung - December 24, 2009

Cara ngehidupin mesin fu, low dingn ktx pake choke, kok stlh gue coba, malh g bs idup low chokex ditarik. Tlg solusix, krn fuq i2 msh br sktr km 30 gichu

32. fei - December 25, 2009

bang,,,,….kok oli yg nampak dimesin FU aku itu g berada di jarum tengah ya bang…malah ilang pun oliy,acem tu?

33. taufik - April 3, 2010

kok fu gua am king msh kalah ya
tolong dong gmana ???

34. sidiq - May 2, 2010

toufk. .mgkn king nya udh d krex’in x. .hehehe

35. toma - May 11, 2010

gw baru beli fu skg nya udah 2000km tu ka mash masa inreyen, gw mau nanya lo buat beban agk berat pengaruh ga ma mesinnya???? thx…

36. lodi - June 10, 2010

bang, mw tanya.
w kan ru beli satria seken taun 2008, nah, kalo mw di nyalain tu ada suara berisik bgt di bagian mesin, kalo mnrt w sih dinamonya bermaslah karna gearnya ga pas, jd ada suara kasar bgt. pkona di dgr ga enak bang.
yg kedua, kalo mw di matiin ada suara “klok” dri silinder atau mesinnya saya gatau………
yg ketiga, knp ya bang kalo mw di netralin susah bgt…..
yang ke empat,, kmrenkan w bw jalan bang…. nah, pas mw di nyalain lg gbs…
itu knp ya bang…….????
kasih solusina bang,,,,,,,
tolong di bantu ya bang cos w sayang bgt ma mtor w………..

37. SFU11 - June 10, 2010

@lodi
pertama, itu sepertinya suara rantai keteng… coba diganti tensionernya…
kedua, itu suara busi… ngga masalah kok…
ketiga, orang yg belum terbiasa naik FU emang gitu… susah netralin… ntar juga bisa… kalo mw cepet, koplingnya agak dilonggarin, terus di gas sedikit… ganti deh giginya…
ke empat, mksdnya gmana nih??? pake elektrik atw kick starter??

38. koil - June 10, 2010

gan,kemaren aku abis ganti kampas kopling ni.. tp klo bwt jalan klo pas jalanan macet posisi gigi perseneling di 2 klo lepas kopling gitu bunyi KLAK di dalam mesin.. knapa ya gan? tolong bantu saya gan ..tq

39. rajiman - June 24, 2010

saya mo tanya.klep racing yang bagus merek apa sih…?

40. yudha - August 6, 2010

5 hari lagi FU ku mau dikirim nie.. gk sabar pgn test speednya..

41. ANDRE - August 31, 2010

FU 150 G DATENG….
BUTUH NASEHAT NIH…
MAKLUM BARU PERTAMA X PUNYA HEHEHHE…..

42. alli - October 15, 2010

gan memang benar ya mesin fu terasa kasar ? pada KM 5000 saya ganti 0linya pake BM1, dan pada KM 2000 saya ganti knalpotnya pake racing. apa hal negatipnya Pada mesin dari hal di atas ? FB: Aw_7x@yahoo.co.id

43. jeglek - November 9, 2010

bung admin gw mau nanxa neh…motor gw msh bru nih n KM msh d 720…kalo gw bwa ngebut utk test top speed uda bs lum ya?kira2 bs tembus d 140km/jam gk kecepatanx?thanks bung admin

44. JODI - January 17, 2011

Bro, motor Fu ku baru 1900km tp kok udah bunyi kresek2x gitu,..nanya ke dealer katanya gara tesionernya lemah gitu..apalagi klo masih pagi baru distart…tp klo udah di bawah 20 menit..bunyinya udah hilang..apa emang gt ya ? Thanks

45. dani - April 9, 2011

cara agar fu w jdengeran kasar gmn ya .. ?

46. willy - June 30, 2011

kenapa ya kalo fu saya terlalu panas suara mesinnya kaya kasar gitu?
apa emang mesin fu seperti itu?
tolong ya jawabannya!!! thanks

47. yulianto - July 27, 2011

Gan…aku baru beli Satria fu nih…mau tanya cara yang tepat untuk oper gigi gimana yach..? maklum belum pengalaman heheh… :-) mohon dikirim pendapatnya via email: yulianto.165@gmail.com
Thanks.

48. Arif Dahlan Muhammad - September 18, 2011

makasih banyak tas penjelasan di atas masalahnya fu aku dah satu kali bongkar mesin, jadinya ganti blok silinder, kop silinder, klep (in,ex) dll. jadinya makan biaya…. :)

49. Sony - February 23, 2012

Boleh tanya boz..
Kenapa ea motor gwe kalo di pake di bawah RPM 5000 mesin.x ngok..??
Thanks

50. aqhu ap'ad nya - August 24, 2012

gan mtor fu 2012 w knpa ya,skg klo d bwa ngbuT malah ngeden dlu ga langsung resPon,pdahl kopling dah w lepas. palagi mtor blm ad 1 bulan pemakaian. kira apa nya ya gan yg rusak? thankz

51. Dedot - August 31, 2012

We pnya fu yg new 2012 limited edition..Aku coba top speed ampe 172kpj standart full km 500n…Amp hlm mw copot….,tpi pas mw oper gigi aku tarik full kopling kok ada bnyi kresek2 ya dmsin..Apa sbbnya?Mohon bantuanya y plen…

52. iyoung rohanda - December 21, 2012

Bro !..aq punya FU baru satu minggu Thn 2012 Hyper Underbone. Bagaimana cara menggunakan ECO, NORMAL dan POWER nya pada masa Inreyen utk mencapai ke km 500 ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: