jump to navigation

Memilih Bahan Bakar untuk FU-150 April 29, 2008

Posted by Buddy Dharmawan in BBM & Pelumas.
Tags:
trackback

Sumber : saft7

Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.

Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.

Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.

Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja.

BAGAIMANA KALAU DIISI BENSIN DENGAN OKTAN LEBIH TINGGI?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….

piston jebol

Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).

Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.

BAGAIMANA KALAU DIISI BENSIN DENGAN OKTAN LEBIH TINGGI?

Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih ‘bertenaga’.
Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.

Kesimpulan:

– Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).

– Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).

– Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)

– Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.


SOLUSI ALTERNATIF

Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:
– Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
– Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
– Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
– Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
– dan lain-lain.

FAKTA

Pada kenyataannya.. banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.


RATIO KOMPRESI SUZUKI FU 150 = 10.2 : 1




Comments»

1. ehmehm.. si copo motor - September 30, 2008

memangnya kalau untuk penambahan octan busternya brp ml?
trus produk apa yg bgus??
*saya masih cupu motor..

makasih om!

2. ehmehm.. si copo motor - September 30, 2008

untuk satria fu om..

3. fu150 - October 7, 2008

@ehmehm : sesuai anjuran octan booster dari tiap2 merk, takarannya rata2 berbeda.. tujuannya yaitu menyetarakan kadar octan dari premium agar setara dengan kadar pertamax, sesuai konsumsi standard FU

4. cobex - October 17, 2008

misal kan pengisian bahan bakar trgantung isi dompet..??
hehe..mksd nya kadang ngisi premium n kdang ngisi pertamax, apa pengaruh nya trhadap mesin or piston???
or bahkan tercampur antara premium n pertamax…..

5. Admin - October 17, 2008

waduh.. gw sendiri lom ngalami dan dapet literatur gimana pengaruh ganti2 BBM terhadap mesin dan piston bro
😦

6. Didi - November 2, 2008

Semga sukses

7. Admin - November 3, 2008

sama2 bro

8. JakartaSatriaClub - November 19, 2008

….Coba pakai octane merk PINUX, belinya di TODA motor biasanya ada dan sering beli disitu. Takaran cukup 2 tutup botol untuk 5 liter bensin/ fultank FU 150, itu lebih dasyat dari pada pake pertamax .
………by:…jktsatriaclub.multiply.com

9. Admin - BeDHe - November 19, 2008

@JakartaSatriaClub : thanks.. informasi yang berguna..
ada reviewnya gak bro? termasuk harganya, trus kemasan brapa mili, dll.. biar bisa dihitung2 pula penghematan dan keuntungannya..
kalau mau diposting di blog ini, bro bisa kirim literaturnya di iwanneh@gmail.com biar bisa jadi info juga

10. Scpio5t0rm - January 17, 2009

Br0w disini lum ad yg jual pertamax…gmn nch qw jd beli FU gag?he.. .he

11. xXx - February 1, 2009

pake octane booster aja bos, tp pilih yg bgs ya, ya klo bisa naikin oktan nya lebih dari 40 poin (4RON).

12. dhiat - June 22, 2009

Gw pake octane boster top1. Satu pil gw masukkn k dalam tangki, full premium. Abis d tmptq blum ada yg jual pertamax. Bos Gimana dampakx jika pil ini d komsumsi ama fu ane dalam jangka panjang? N maw tw resep pencampurn octane boster ama premium?

Thanks b4.

13. marco - August 13, 2009

haloooooooo……….
gw mw bli fu ne…
tp gw mles mke pertamax……
pengenx premium aj byr irit dompet….
cmpurinx pke ap y..??merkx….??tkaranx…..??n efeknya…….??
thank’s

14. Basis Triyono - August 25, 2009

pakai SPARK fuel treatment boss, coba aja lihat http://www.spark-indonesia.com

15. Basis Triyono - August 25, 2009

pakai premium + SPARK fuel treatment boss, rasanya seperti kalo isi pertamax ++++ coba aja lihat http://www.spark-indonesia.com

16. ferry - March 26, 2010

minta tolong infonya nih,lebih baik irit mana pake premium ato pertamax kl diliat dr segi harga pertamax kan lbh mahal.seandainya kl pake premium bisa 1:35 kl pake pertamax bisa 1:45 kan mending beli pertamax ya?kl dr segi mesin dan tangki baik yg pake bahan bakar mana?thx

17. ferry - March 26, 2010

gua baru beli satria FU nih,wkt reyen gua isi premium,kira2 gpp kl misal bensin udah habis nti gua isi pertamax,pengaruh dimesin g?wkt reyen hrs dibuat lari kenceng ya biar motornya enk nti?thx a lot


Leave a comment